PERENCANAAN TATA LETAK GUDANG KOPI ARABIA GAYO DENGAN MENGGUNAKAN METODE CLASS-BASED STORAGE PADA UD. KALAM KOPI TAKENGON

Syukriah Syukriah, Defi Irwansyah, Fahrozi Fahrozi

Abstract


UD. Kalam kopi Takengon merupakan perusahaan yang bergerak dibidang eksportir kopi yang mengekspor biji kopi dengan varian Luwak, Premium, Fullwash, Semiwash, Pieberry, dan Wine. Masalah yang duhadapi perusahaan ini adalah terjadinya over capacity terhadap fasilitas penyimpanan yang mereka miliki, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yang pertama yaitu belum adanya sistem pengaturan terhadap produk kopi yang mereka miliki, yang kedua yaitu perusahaan belum memiliki sistem persediaan yang baik. Berdasarkan permasalahan yang ada, dalam penelitian ini, dilakukan perencanaan perbaikan tata letak gudang menggunakan metode class-based storage dengan tujuan dapat meningkatkan efektifitas jarak antar pintu keaerah penyimpanan dan penempatan produk yang lebih baik. Langkah-langkah perencanaan ulang menggunakan metode class-based storage dimulai dengan mengetahui lias gudang, kapasitas gudang, dan data gudang lainnya, serta pengumpulan data dengan menentukan ruang, penentuan allowance ruang, dan jarak pintu masuk ke area penyimpanan. Dari hasil pengolahan data jarak menjadi lebih teratur dan dapat diketahui tiap jaraknya. Berdasarkan perbandingan layout awal dan usulan diketahui jarak pada layout awal sebesar 200.52 meter sedangkan untuk layout usulan dengan menggunakan class-based storage didapat hasil sebesar 150.35 meter dengan 12 area produk dengan aktifitas bongkar muat menjadi lebih baik dan efektif.


Keywords


Allowance, Class-based Storage, Tata Letak Gudang.

References


Assauri, Sofjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta

Daniel, F. (2011). Penegndalian Persediaan Bahan Baku di PT. kimia Farma. EJournal USU , 78-80.

Heldy Juliana, N. U. (2016). Peningkatan Kapasitas Gudang Dengan Perancangan E-journal UNDIP, 114-120.

Johan, K. S. (2018). Usulan Perancangan Tata Letak Gudang. Journal Of Integrated System Vol 1. 52-71, 54-60 .

Manullang, M. &. (2005). Pengantar Manajemen Keuangan . Yogyakarta.

Wahyudi, R. (2015). Analisis Pengendalian Barang Berdasarkan Metode EOQ Di Toko Era Baru Samarinda. E_Journal Ilmu Administrasi Bisni Unmul.ac.id , 163-173.Ginting, Rosnani. 2007. Sistem Produksi,.Graha Ilmu, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.53912/iej.v10i2.679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.