ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS RBDPO DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI PADA PT. MULTIMAS NABATI ASAHAN

Defi Irwansyah, Susi Eviyanti Samosir

Abstract


PT. Multimas Nabati Asahan Kuala Tanjung merupakan perusahaan yang memproduksi minyak RBDPO (Refined Bleached Deodorized Palm Oil). Di dalam pengolahan minyak CPO menjadi minyak RBDPO (Refined Bleached Deodorized Palm Oil), tentunya tidak lepas dari dari masalah yang berhubungan dengan kualitas. Penelitian terhadap kualitas Refined Bleached Deodorized Palm Oil dilakukan dengan menggunakan Metode Taguchi. Tujuan dari metode Taguchi ini yaitu untuk menentukan kombinasi setting level yang optimal untuk masing-masing faktor yang mempengaruhi kualitas, sehingga dihasilkan RBDPO (Refined Bleached Deodorized Palm Oil) yang sesuai dengan standar. Hasil analisa diolah menggunakan metode rata-rata, analisis varians dan strategi pooling up. Dari hasil kesimpulan menunjukkan bahwa untuk kadar ALB setting yang paling optimal yaitu tekanan perebusanpada level 1 (2,0 torr), temperature perebusan pada level 2 (105⁰C) dan waktu pada proses perebusan pada level 1 (50 min). Untuk kadar air setting yang paling optimal yaitu tekanan perebusan pada level 1 (2,0 torr), temperature perebusan pada level 2 (105⁰C) dan waktu pada proses perebusan pada level 1 (50 min). Sedangkan Untuk kadar warna setting yang paling optimal yaitu tekanan perebusan pada level 2 (3,0 torr), temperature perebusan pada level 2 (105⁰C) dan waktu pada proses perebusan pada level 2 (60 min). Berdasarkan data di atas, dapat diketahui bahwa total proporsi cacat secara keseluruhan sebelum di terapkan kombinasi setting yang optimal berdasarkan penelitian dengan metode Taguchi adalah 20,13%. Setelah menerapkan kombinasi setting yang optimal berdasarkan metode Taguchi, total proporsi cacat secara keseluruhan menurun sebesar 13,2%


Keywords


Frekuensi Cacat, Metode Taguchi, Pengendalian Kualitas, Refined Bleached Deodorized Palm Oil

Full Text:

PDF

References


Ernawati. 2014. Aplikasi Metode Taguchi Dalam Pengendalian Kualitas Produksi, Jurnal Teknosains Vol.8 No 2, Fakultas Teknologi dan Sains, UIN Alauddin Makassar.

Ginting, Rosnani. 2007. Sistem Produksi,.Graha Ilmu, Yogyakarta.

Hartono, M. 2000. Perancangan Kualitas dengan Metode Taguchi, Jurnal Bistek Politeknik Unibraw,8(12).

Hartono, M. 2001. Quality by Design dengan Metode Taguchi, Konsep dan Perkembangannya, Jurnal Industri Universitas Muhammadiyah Malang.

Telaumbanua, Adventhinus. 2013. Analisis Pengendalian Kualitas dengan Pendekatan Metode Taguchi Pada PT. Asahan Crumb Rubber, e-Jurnal Teknik Industri.

Suseno. 2013. Analisis Produksi Pada Mesin Speed dengan Pendekatan Taguchi Untuk Mengurangi Cacat Produk di PT. Industri Sandang Nusantara, Jurnal Teknik Industri Vol.3 No.1 Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Teknologi Yogyakarta.

Soejanto, Irwan. 2009. Desain Eksperimen dengan Metode Taguchi, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.53912/iejm.v9i2.554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.