USULAN PERBAIKAN KUALITAS JASA LAYANAN RAWAT JALAN DENGAN METODE QFD DI RSUD XYZ

Muhammad Nur, Sapto Noto Susanto

Abstract


Penurunan persentase jumlah pasien rawat jalan di RSUD XYZ sebesar 5,13% dibanding tahun sebelumnya. Persentase pengujung pada poli bedah mengalami persentase terendah dengan angka 27,69% dibandingkan sebelumnya mengalami peningkatan sebesar 33,56%, sementara tingkat kepuasan pasien pada poli bedah hanya 40% yang menyatakan puas dan 60% tidak puas. Tujuan penelitian ini mengetahui faktor penurunan pengunjung di RSUD XYZ dan strategi peningkatan pelayanan dengan Quality Function Deployment (QFD). Quality Function Deployment (QFD) digunakan untuk merancang usulan perbaikan pelayanan rumah sakit sesuai voice of costumer. Penelitian ini menggunakan 25 variabel pelayanan yang dibutuhkan oleh pasien rawat jalan poli bedah, pembentukan matriks house of quality  diketahui atribut layanan “ kecepatan perawat dalam melakukan tindakan kepada pasien” memiliki nilai tingkat kepentingan relatif 5,163% sehingga perlu adanya pendidikan, pendidikan dan pengembangan kepada perawat  menjadi prioritas untuk perbaikan pelayanan. Dan strategi unggul dalam meningkatkan layanan pada poli bedah adalah dengan meningkatkan keahlian perawat dalam bekerja, melakukan kegiatan promosi kesehatan paket medical check up, serta memiliki pelayanan yang inovatif dan khusus.

Keywords


Kualitas jasa, QFD, rumah sakit, Strategi Kualitas Layanan

Full Text:

PDF

References


Achmad Berkah Cahyadi,dkk. “Perumusan Strategi Unggulan Jasa Bus Damri Berbasis Analisis SWOT dan Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Teknik Industri, Halaman 90-91 Universitas Brawijaya.

Amran, G Tiena, Ekadenputra Ponti “Implementasi Quality Function Deployment (QFD) Pada Pengontrolan Kesehatan di Rumah Sakit Sawit Indah Perbaungan, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol V, N0.2 Hal 107-114 Desember 2013.

Anindita,Rina. “Analisa Penggunaan Metode Serqual Pada Jasa Layanan Kurir. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Forum Ilmiah Indonesia, Vol 3 No 3, Halaman 1-20 September 2006.

Arif Sumantri. “Metodologi Penelitian Kesehatan” Hal 107-113, dan Hal 209-223, Kencana Perdana Media Group, Jakarta. 2011.

Asmita W,Putri. “Analisis Pengaruh Presepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dokter Terhadap Loyalitas Pasien Di Poliklinik Umum Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum, hal 60-75. Tesis ,Jakarta 2008.

Ayu sumarsi. Wulan Kesumo, Kuesioner Penelitian “Hubungan Presepsi Pasien Tentang Prosedur Pelayanan Rawat Jalan dengan Tingkat Kepuasan Pasein di RSIA Budi Kemulian, Universitas Tri Sakti, 2010.

Gaspersz, Vincent. “Total Quality Management”, Edisi 1 Halaman 33. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2003.

Huber David.J & Thomas L .Wheelen.. “ Manajemen Strategis”, Edisi III Halaman 191-232. Andi Pers, Yogyakarta 2003.

Pardede, dkk.“ Manajemen Strategik & Kebijakan Perusahaan”. Edisi Asli Halaman 213-248. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta 2011.

Pregawati Pusporini, dkk “ Perancangan Strategi Pemasaran Berbasis Integrasi QFD dan SWOT Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan” Jurnal Ilmiah Teknik Industri Halaman 1-10 Universitas Muhammadiyah Gresik

Sugiyono Dr Prof. “Metode Penelitian Manajemen” Edisi ke 2 Halaman 80-111, 433-435. Penerbit Alfabeta CV. Bandung 2014.

Umar, Husein. “Metodologi Penelitian untk Skripsi dan Tesis Bisnis”, Edisi kedua, Halaman 69-74, 71-79. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta 2008.




DOI: https://doi.org/10.53912/iejm.v9i1.489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.