Perencanaan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran yang dapat dilakukan CV Rajawali Motor berdasarkan
matrik BCG dan analisis SWOT yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Matrik BCG dilakukan
berdasarkan laporan penjualan CV Rajawali Motor tahun 2007-2008 yang dibandingkan dengan laporan
penjualan pesaing, yaitu CV Bursa Motor untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar.
Analisis SWOT dilakukan dengan menganalisis yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman CV
Rajawali Motor dibandingkan CV Bursa Motor. Hasil penelitian dari analisis matrik BCG diketahui tingkat
pertumbuhan pasar CV Rajawali Motor sebesar 26% dan pangsa pasarnya sebesar 1.50, sehingga berada
dalam kuadran stars, strategi pemasaran yang dapat digunakan adalah dengan melakukan investasi dengan
membuka cabang CV Rajawali Motor di lokasi lain dan melaksanakan upaya meminimalkan biaya dan operasi
yang tidak efisien agar tetap mempunyai cash flow yang kuat. Dari analisis SWOT diketahui strategi SO yang
dapat digunakan adalah membuka lokasi baru, dan memberikan potongan penjualan yang lebih besar jika
konsumen melakukan pembelian ulang. Strategi WO yang dapat digunakan adalah dengan memberikan bonus
secara intensif kepada pegawai untuk menambah motivasi pegawai dan menambah tenaga pemasaran.
Strategi ST yang dapat digunakan adalah dengan terus meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan dan
dengan membangun gudang tempat penyimpanan motor-motor suzuki yang siap dijual. Strategi WT yang
dapat digunakan adalah dengan terus meningkatkan kegiatan-kegiatan promosi dan dengan meminimalkan
biaya dan operasi yang tidak efisien, agar dapat menghemat pengeluaran biayanya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.53912/iejm.v3i1.33
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh
Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia
P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Email: iej@unimal.ac.id
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.