KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) KOTA LHOKSEUMAWE
DOI:
https://doi.org/10.53912/iej.v12i2.1134Keywords:
Kualitas, Pelayanan, Potential Gain in Customer Value (PGCV), PT. Pos IndonesiaAbstract
PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Lhokseumawe merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa yang melayani pelayanan pos, penerimaan barang, pengiriman barang, penerimaan aplikasi paspor, wasel dan melaukan berbagai macam pembayaran dan menjual benda pos seperti perangko, materai dan masih banyak lainnya. dari hasil observasi awal yang dilakukan PT. Pos Lhokseumawe banyak pengaduandari pengguna atas pelayanan jasa yang diberikan oleh pihak Pos. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui layanan serta bagaimana tingkat kepuasan atas layanan yang diberikan PT. Pos Kota Lhokseumawe apakah sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Dari hasil penyebaran kuesioner dan perhitungan indeks PGCV bahwa 16 item yang digunakan sebagai alat ukur menunjukan bahwa 7 item sudah memenuhi standar pelayanan, sementara 9 lainnya belum memenuhi standar seperti pada atribut X12, X15, X17, X16, X11, X6, X9 dan X8. Dilihat dari lima dimensi kualitas pelayanan terdapat perbedaan antara kepuasan dan kepentingan yang bernilai negatif dan kurang dari satu. Hal ini menunjukan bahwa tingkat kualitas yang diberikan masih rendah.
Kata kunci: Kualitas, Pelayanan, Potential Gain in Customer Value (PGCV), PT. Pos Indonesia
References
Bahrani, Kualitas layanan Perguruan Tinggi Komponen dan Metode, Edisi Pert. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2022.
R. Rinaldi, “Analisis Kualitas Pelayanan Publik,†vol. 1, hal. 22–34, 2012.
D. E. S. Harnadji dan S. dkk Sijdjabat, Manajemen Pemasaran Jasa. Get Press, 2022.
L. Suryati, Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan, Edisi Pert. Yogyakarta: Deefpublish, 2015.
A. S. Bharmawan dan N. dkk Hanif, Manajemen Pemasaran Jasa Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Edisi Pert. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2022.
D. Sufriadi, “Kualitas Pelayanan Terhadap Pelanggan Pada Pt . Pos Indonesia ( Persero ) Banda Aceh,†J. Ekombis, vol. 2, no. 2, hal. 275–282, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.utu.ac.id/ekombis/article/view/1344
D. Maulana, “Analisa Peningkatan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Potential Gain In Customer Value (PGCV) (Studi Pada Burger Garage Pandaan),†J. Disrupsi Bisnis, vol. 4, no. 6, hal. 511, 2021, doi: 10.32493/drb.v4i6.14527.
H. Rosyidah, T. Wuryandari, dan A. Rusgiyono, “Analisis Kualitas Pelayanan dengan Menggunakan Fuzzy Servqual, Kuadran IPA, dan Indeks PGCV (Studi Kasus Sekolah Dasar di Tegal),†J. Gaussian, vol. 4, no. 4, hal. 885–894, 2015.
N. D. Haryanto, P. Zulvia, dan B. Setiawan, “Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Kuadran Importance Performance Analysis (IPA) dan Indeks Potential Gain Customer Value (PGCV) Pada Kantor Pos Purworejo 54100,†Prog. Conf., vol. 4, no. vol. 4 No. 1 (2021): The Strategy of Creative Economy Development Throught Small Business and Culture, 2021.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors published in this journal agree to the following terms:
1. The copyright of each article is retained by the author (s).
2. The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
3. Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work.
5. Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License
Industrial Engineering Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms :
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits