KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) KOTA LHOKSEUMAWE

Authors

  • Leni Hariani Universitas Malikussaleh
  • M Sayuti
  • A Amri

DOI:

https://doi.org/10.53912/iej.v12i2.1134

Keywords:

Kualitas, Pelayanan, Potential Gain in Customer Value (PGCV), PT. Pos Indonesia

Abstract

PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Lhokseumawe merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa yang melayani pelayanan pos, penerimaan barang, pengiriman barang, penerimaan aplikasi paspor, wasel dan melaukan berbagai macam pembayaran dan menjual benda pos seperti perangko, materai dan masih banyak lainnya. dari hasil observasi awal yang dilakukan PT. Pos Lhokseumawe banyak pengaduandari pengguna atas pelayanan jasa yang diberikan oleh pihak Pos. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui layanan serta bagaimana tingkat kepuasan atas layanan yang diberikan PT. Pos Kota Lhokseumawe apakah sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Dari hasil penyebaran kuesioner dan perhitungan indeks PGCV bahwa 16 item yang digunakan sebagai alat ukur menunjukan bahwa 7 item sudah memenuhi standar pelayanan, sementara 9 lainnya belum memenuhi standar seperti pada atribut X12, X15, X17, X16, X11, X6, X9 dan X8. Dilihat dari  lima dimensi kualitas pelayanan terdapat perbedaan antara kepuasan dan kepentingan yang bernilai negatif dan kurang dari satu. Hal ini menunjukan bahwa tingkat kualitas yang diberikan masih rendah.

Kata kunci: Kualitas, Pelayanan, Potential Gain in Customer Value (PGCV), PT. Pos Indonesia

References

Bahrani, Kualitas layanan Perguruan Tinggi Komponen dan Metode, Edisi Pert. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2022.

R. Rinaldi, “Analisis Kualitas Pelayanan Publik,†vol. 1, hal. 22–34, 2012.

D. E. S. Harnadji dan S. dkk Sijdjabat, Manajemen Pemasaran Jasa. Get Press, 2022.

L. Suryati, Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan, Edisi Pert. Yogyakarta: Deefpublish, 2015.

A. S. Bharmawan dan N. dkk Hanif, Manajemen Pemasaran Jasa Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Edisi Pert. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2022.

D. Sufriadi, “Kualitas Pelayanan Terhadap Pelanggan Pada Pt . Pos Indonesia ( Persero ) Banda Aceh,†J. Ekombis, vol. 2, no. 2, hal. 275–282, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.utu.ac.id/ekombis/article/view/1344

D. Maulana, “Analisa Peningkatan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Potential Gain In Customer Value (PGCV) (Studi Pada Burger Garage Pandaan),†J. Disrupsi Bisnis, vol. 4, no. 6, hal. 511, 2021, doi: 10.32493/drb.v4i6.14527.

H. Rosyidah, T. Wuryandari, dan A. Rusgiyono, “Analisis Kualitas Pelayanan dengan Menggunakan Fuzzy Servqual, Kuadran IPA, dan Indeks PGCV (Studi Kasus Sekolah Dasar di Tegal),†J. Gaussian, vol. 4, no. 4, hal. 885–894, 2015.

N. D. Haryanto, P. Zulvia, dan B. Setiawan, “Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Kuadran Importance Performance Analysis (IPA) dan Indeks Potential Gain Customer Value (PGCV) Pada Kantor Pos Purworejo 54100,†Prog. Conf., vol. 4, no. vol. 4 No. 1 (2021): The Strategy of Creative Economy Development Throught Small Business and Culture, 2021.

Downloads

Additional Files

Published

2023-11-27

Issue

Section

Articles