Analisa Pengaruh Strategi Pemasaran dimasa Pandemi COVID-19 Terhadap Penigkatan Kinerja UMKM Provinsi Aceh Dimoderasi Oleh Teknologi

Authors

  • Chalirafi Chalirafi Universitas Malikussaleh
  • Faisal Matriadi Universitas Malikussaleh
  • Munandar Munandar Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.29103/e-mabis.v23i2.871

Keywords:

Pemasaran. COVID-19, Teknologi, UMKM.

Abstract

Penelitian ini sangat penting untuk dilakukan dikarenakan perlu dilakukan penelitian yang mendalam dengan menggabungkan kajian teoritis dan lapangan mengenai faktor yang mempengaruhi terhadap kinerja pada UMKM untuk memaksimalkan kontribusinya dalam peningkatan potensi ekonomi. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk menguji dampak dari pendekatan pemasaran dimasa pandemi covid-19 terhadap kinerja UMKM dengan teknologi sebagai variabel moderator dengan subjek penelitian UMKM di Provinsi Aceh. Tahapan penelitian meliputi: observasi data, menentukan permasalahan pokok, tujuan kegiatan, studi literatur, pengunmpulan data, pengolahan data, analisa hasil, serta evaluasi hasil penelitian. Hasil penelitian diharapkan dapat menghasilkan asumsi dan pendapat yang dianggap signifikan terhadap pemasaran pada kinerja UMKM dimasa pandemi COVID-19 dengan teknologi variabel sebagai moderator.

References

Annisa Fitri Pramono, D. A. (2020). Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sektor perdagangan di kota Banda Aceh tahun 2013-2019. V, 7–21.

Dinas Koperasi dan UMKM ACEH. (n.d.).

Gefriansyah, G., Majid, M. N., & Anita, E. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penghasilan Pada Usaha Umkm Di Kota Jambi (Studi Pada Exotis Coffee).

Heikal, M., & . F. (2014). The Intention to Pay Zakat Commercial: An Application of Revised Theory of Planned Behavior. Journal of Economics and Behavioral Studies, 6(9), 727–734. https://doi.org/10.22610/jebs.v6i9.532

Jati, W., & Yuliansyah, H. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online (Online Marketing Strategy) Terhadap minat beli konsumen (Studi Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store). 1(1), 2598–2823.

Kementerian Koperasi dan UKM. (2018). Kontribusi Koperasi dan UMKM terhadap PDB Nasional 2017.

Kirilova, Z. &. (2020). Manajemen.

Neneng Nurmalasari, & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Jurnal.Unigal.Ac.Id, volume 4(3), 543.

Rumengan, B. S., Tumbel, A. L., Mandagie, Y., Pengaruh, A., Holistik, P., & Kualitas, D. A. N. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Holistik Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 166–174. https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27498

Sahidayani. (2021). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pendapatan ( Studi pada Penjual Makanan dan Minuman di Lapangan Pancasila Palopo ).

Sholihah, M., Setiawan, I., & Jamaludin, J. (n.d.). Marwatus Sholihah, Iwan Setiawan, Jujun Jamaludin, Pengaruh Kinerja dan Daya Saing Koperasi Syari’ah. I, 29–43.

Sinurat, M., Ilham, R. N., & Cahyadi, W. (2021). Strategic for Increasing Economic Value Added in the MSME Sector in the North Sumatra Region with the Acceleration Board Method and Initial Public Offering. Proceedings of the International Conference on Strategic Issues of Economics, Business and, Education (ICoSIEBE 2020), 163(ICoSIEBE 2020), 103–108. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210220.019

Sugiarto, B. U., & Subagio, H. (2014). Analisa Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Di Dream Of Khayangan Art Resto Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–14.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Bisnis. ALFABETA.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D (19th ed.). ALFABETA.

Sukri, S., & Arisandi, D. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial Produk Kuliner Usaha Kecil dan Menengah di Pekanbaru. Jurnal Buana Informatika, 8(4), 235–242. https://doi.org/10.24002/jbi.v8i4.1447

T. Sultan Mulia Nurrahman, F. (2017). Analysis of micro and small and medium enterprises (SMEs) in the trade sector in the city of Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 2(2), 320–328.

Downloads

Published

2023-04-29

Issue

Section

Articles