Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Disiplin Kerja (Studi Kasus Pada Sekretariat DPRD Kabupaten Situbondo)

Faiqus Safanatul Afiqiah, Ilfi Nur Diana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui apakah motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai, untuk menganalisis dan mengetahui apakah motivasi kerja berpengaruh terhadap disiplin kerja, untuk mengetahui dan menganalisis apakah disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai, untuk mengetahui dan menganalisis apakah disiplin kerja dapat memediasi pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai. Metode penelitian ini menggunakan metode kuntitatif dengan pendekatan deskriptif dan dengan teknik penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 60 pegawai dengan teknik pengambilan sampel Non Probability Sampling dengan teknik sampel jenuh.. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) dengan menggunakan SPSS for Windows Versi
23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, (2) Motivasi kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap disiplin kerja, (3) Disiplin kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, (4) Motivasi kerja secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai melalui disiplin kerja.


Keywords


Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Anisya, V., Supriyanto, A. S., & Ekowati, V. M. (2021) The Effect of Motivation on Employee Performance through Organizational Culture. http://ijefm.co.in/v4i7/Doc/16.pdf.

Elvasusanti, E., Syamsudduha, S., & Rahman, U. (2019). The Effect of Madrasah Head Leadership Style and Work Motivation on Work Discipline of Madrasah Aliyah Teachers. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 9(1), 1. https://doi.org/10.26858/jiap.v9i1.9312.

Hasanah, N. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Karyawan Treepark Hotel Banjarmasin (Studi kasus pada Intro Bistro). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 4(1).

Mangkunegara, A.B. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rukhan, A. A. (2021). PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Perawat

Ruang Rawat Inap RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh, Banjarmasin) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Syaifuddin. (2018). Motivasi & Kinerja Pegawai: Pendekatan Riset. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Sutrisno, E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group. Edisi Pertama.

Sari, Y. K. (2014). Pengaruh kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Patra Komala di Dumai. Jurnal tepak manajemen bisnis, 6(2), 119-127.

Suciati, W. (2021). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN BERORIENTASI PRESTASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK SYARIAH INDONESIA KC TULUNGAGUNG

SUDIRMAN. Skripsi.

Supriyanto, A.S. & Ekowati, V.M. (2019). Riset Manajemen SDM: Untuk Skripsi, Tesis, Disertasi, dan dilengkapi dengan Contoh Artikel Jurnal. Malang: Inteligensia Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kkualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29103/e-mabis.v23i2.853

Copyright (c) 2022 Faiqus Safanatul Afiqiah, Ilfi Nur Diana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.