Pengaruh Cafe Atmosphere, Product Assortment dan Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Konsumen Generasi Milenial Fox Coffee Jember)
DOI:
https://doi.org/10.29103/e-mabis.v24i2.1071Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Café Atmosphere, Product Assortment dan Experiential Marketing terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Generasi Milenial Fox Coffee Jember). Penelitian ini menggunakan data primer dari hasil kuesioner. Objek penelitian ini adalah seluruh konsumen generasi milenial Fox Coffee Jember. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel penelitian adalah 190. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Café atmosphere, Product Assortment, dan Experiential Marketing berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan di Fox Coffee Jember.
Â
Kata Kunci : Café Atmosphere, Product Assortment, Experiential Marketing, Kepuasan Konsumen.
Â
Â
Â
References
Afriyanti, S dan Rasmikayati, E. 2018. Studi Strategi Pe,asaran Terbaik berdasarkan Perilaku Konsumen Dalam Menghadapi Persaingan Antar kedai Kopi di Jatinagor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol 4 No 3. 856 – 872.
Amir, Taufik M. 2005. Dinamika Pemasaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arisanti, Petty. 2021. Trem Gaya Hidup Milenial, Identitas Sosial dan Desain Coffe Shop. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol 8 No 4. Hal 579 – 590.
Banat, A dan H ST Wandebori. 2012. Store Design dan Store Atmosphere Efect on Customer Sales per Visit Economics. Management and Behavioral Sciences.
Kertajaya, Hermawan. 2012. Hermawan Kertajaya on Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip. 2016. Dasar – Dasar Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2018. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Lestari, T., Karsiningsih, E., dan Bahtera., N I. 2023. Pengaruh Café Atmosphere dan Gaua Hidup terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z pada Kedai Kopi di Kota pangkalpinang. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. Vol 7 No 2.
Levy, M dan Barton Weitz. 2001. Retailing Management Information Center. New York: McGraw Hill.
Majid, N. 2020. Mahasiswa dan Kafetaria (Perialku Simbolik Mahasiswa Berkunjung di cafw Titik Kumpul di Kota Makasar). Skripsi. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.
Sciffman, Leon G dan Jiseph Wisenblit, 2014. Consumer Behaviour. New Jersey: Pearson Prantice Hall.
Setiyani, Ulfi dan Alu Maskur. 2022. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Atmosphere Café terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 11 No 1. Hal 702 – 709.
Simamora, Henry. 2014. Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Smilansky. Shaz. 2009.Experiential Marketing: A Practical Guide to Interactive Brand Experience. London and Philadelphia: Kogan Page.
Supranto. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikan Pangsa Pasar. Cetakan Keempat. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryana, P dan Muliasari, I. 2018. Harga dan Proses terhadap Kepuasan Konsumen Kafe Instamie di Kota Bandung. Jurnal Riset Binis dan Manajemen. Vol 1 No 1. Hal 15 – 24.
Utami, Chrisnanda Whidya. 2014. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Wardhani, Fabila Kusuma dan Renny Dwijayanti. 2021. Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi pada Pelanggan Coffee Shop Rustic Market Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora. Vol 5 No 1. Hal 510 – 521.
Wolfe, B David. 2005. Exactly What Is Experiential Marketing? Dalam http://agelessmarketing.typepad.com/ageless_marketing/2005/01/exactly_what_is.html diakses pada 25 Oktober 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).