ANALISIS MANAJEMEN RESIKO PADA UNIT PENGANTONGAN SEMEN PADANG DENGAN PENDEKATAN HOUSE OF RISK

M Sayuti, Fatimah Fatimah, Sahara Sahara

Abstract


PT Yoga Wibawa Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak dibidang usaha pengantongan semen Padang, dimana pada proses pengantongan semen ini terdapat berbagai risiko yang pernah terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kejadian risiko (risk event) dan penyebab kejadian risiko (risk agent) dan mengetahui cara mengendalikan risiko yang terdapat pada proses pengantongan semen Padang di  PT. Yoga Wibawa Mandiri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode House Of Risk (HOR) Fase 1 dan House Of Risk (HOR) Fase 2. Pada HOR Fase 1 dilakukan identifikasi kejadian risiko, agen risiko, dan penentuan Aggregate Risk Potential (ARP) dan HOR Fase 2 digunakan untuk menentukan prioritas aksi mitigasi risiko yang paling efektif dengan mempertimbangkan derajat kesulitannya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 12 kejadian risiko (risk event) dan 19 agen risiko (risk agent) pada unit pengantongan semen Padang, serta 18 usulan aksi mitigasi untuk pengendalian risiko yang ada pada unit pengantongan semen Padang.

Keywords


House Of Risk, Manajemen Risiko, Risk Event, Risk Agent

Full Text:

PDF

References


I. Fahmi, MANAJEMEN RESIKO. Bandung: Alfabetan, 2010.

N. Adi, D. E & Susanto, “Analisis Manajemen Resiko Aktivitas Pengadaan PAda PErcetakan Surat Kabar,” J. Metr., pp. 113–118, 2017.

H. P. Berg, Risk Management: Procedures, Methods, and Experiences. RT&A,I, 2010.

A. S. Normaria Mustiana Sirait, Analisis Risiko OPerasional Berdasarkan Pendekatan Enterprise Risk Management (ERM) Pada Perusahaan Pembuatan Kardus di CV Mitra Dunia Palletindo. 2016.

I. Fahmi, Manajemen Risiko Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: CV. Alfabeta, 2011.

L. H. Pujawan, I. N., & Geraldin, “House of risk: a model for proactive supply chain risk management,” Bus. Process Manag. J., vol. Vol 15. No, pp. 963–967, 2009.

D. W. Ariani, Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas). Yogyakarta: ANDI, 2004.




DOI: https://doi.org/10.53912/iej.v11i2.947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.