ANALISIS POSTUR KERJA PADA PEKERJA ES BALOK CV. MULIENG ICEBERG

Cut Ita Erliana, Syarifuddin Syarifuddin, Rizki Wahyuri, Dahlan Abdullah

Abstract


Postur kerja merupakan titik penentu dalam menganalisa keefektifan dari suatu pekerjaan. Apabila postur kerja yang dilakukan oleh operator sudah baik maka dapat hasil yang diperoleh oleh operator akan baik. Akan tetapi bila postur kerja operator tidak ergonomis maka operator tersebut akan mudah kelelahan. CV. Mulieng Iceberg merupakan badan usaha yang bergerak dibidang industri yang memproduksi Es Balok. Pada proses pengangkutan es balok kedalam truk masih menggunakan sistem kerja yang manual dengan postur yang tidak sesuai dengan prinsip ergonomic sehingga menimbulkan keluhan musculoskeletal pada pekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hasil penilaian postur kerja terhadap pekerja dalam proses pengangkutan es balok kedalam truk dan juga usulan penambahan fasilitas kerja. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu QEC, RULA, REBA dan OWAS. Dari hasil perhitungan QEC diperoleh pekerja 1 memperoleh nilai exposure level sebesar 81,82% dan pekerja 2 sebesar 82,39% dengan kategori perlu adanya tindakan perubahan secepatnya. Berdasarkan hasil perhitungan RULA pekerja 1 dan 2 memiliki kategori tindakan yang sama yaitu 7 dan tergolong dalam level risiko tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan REBA  pekerja 1 mendapatkan skor akhir 8 sedangkan pekerja 2 memperoleh skor akhir 10 dimana pada tingkatan ini termasuk dalam tingkat risiko tinggi dengan action level kategori 3. Berdasarkan hasil penelitian OWAS pekerja 1 dan 2 mendapat hasil nilai kategori yang sama yaitu 4 dimana diperlukan tindakan segera. Adapun peneliti mengusulkan penambahan fasilitas kerja berupa conveyor agar mengurangi keluhan rasa sakit yang dialami setelah melakukan aktivitas pekerjaan tersebut.


Keywords


Postur Kerja, Ergonomi, QEC, RULA, REBA, OWAS

Full Text:

PDF

References


] Bintang, A. N., & Dewi, S. K. (2017). Analisa postur kerja menggunakan metode owas dan rula. Jurnal Teknik Industri, 18(1), 43–54.

] Erliana, C. I. (2021). Pengukuran Postur Kerja Pada Operator Produksi Pengadukan Ampas Masak Menggunakan Metode Wera Di Ud. Kilang Minyak Hidup Baru. Industrial Engineering Journal, 10(1).

] Fragastia, V. A., & Ramadhan, M. D. (2022). Penilaian Postur Kerja Operator Pada UKM XYZ Dengan Metode Biomekanika. IESM Journal (Industrial Engineering System and Management Journal), 3(1), 67–80.

] Ihsan, M. T. (2019). Analisis Pengukuran Risiko Kelelahan dan Beban Postur Tubuh Pada Operator Premolding Dengan pendekatan Metode JSI dan QEC di PT. MK Prima Indonesia. Universitas Muhammadiyah Gresik.

] Meitama Arief Budhiman. "Analisis Penilaian Tingkat Risiko Ergonomi Pada Pekerja Konstruksi Proyek Ruko Graha Depok", Skripsi.Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. UIN Syarif Hidayatullah, 2018.

] Tiogana, V., & Hartono, N. (2020). Analisis Postur Kerja Dengan Menggunakan REBA dan RULA di PT X. Journal of Integrated System, 3(1), 9–25.




DOI: https://doi.org/10.53912/iej.v11i2.944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.