PERANCANGAN ULANG TATA LETAK PABRIK DENGAN METODE SISTEMATIC LAYOUT PLANNING DAN COMPUTERIZED RELATIVE ALLOCATION OF FACILITIES TECHNIQUES UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PRODUKSI DI PT. ABAD JAYA ABADI SENTOSA

Magdalena F Siagian, Muhammad Zakaria, Bakhtiar Bakhtiar

Abstract


PT. Abad Jaya Abadi Sentosa merupakan Perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi pada produksi Beton Cor dan Aspal Curah dimana telah berdiri sejak tahun 2012, yang terletak di jalan Medan-Banda Aceh KM.260, Tambon Baroh, Keude Krueng Geukueh, Dewantara, Aceh Utara, Aceh. Metode yang di gunakan dalam penyelesaian permasalahan ini yaitu menggunakan metode SLP (Sistematic Layout Planning) dan di optimalkan dengan metode algoritma CRAFT (Computerized Relative Allocation of Facilities Techniques) dimana Algoritma CRAFT dapat melakukan perbaikan dengan melakukan pertukaran dan pemindahan departemen dengan mempertimbangkan ongkos material handling, untuk meningkatkan efisiensi pabrik dan meminimasi ongkos material handling pada PT. Abad Jaya Abadi Sentosa. Pengolahan data dimulai dari mengolah menggunakan metode Systematic Layout Planning (SLP) dan membandingkan dengan metode CRAFT untuk memilih layout terbaik. Tata letak yang memenuhi kriteria tata letak yang baik pada PT. Abad Jaya Abadi Sentosa diperoleh berdasarkan Efisiensi perusahaan yang diperoleh setelah perbaikan tata letak pabrik adalah 78 % ≥ 55,65 % memenuhi efisiensi yang baik dan layak. Hasil perhitungan yang diperoleh setelah pengolahan SLP memiliki pengurangan persentase 35 % dan CRAFT memiliki pengurangan persentase 38 %. Hal ini menunjukkan bahwa perbaikan tata letak pabrik dengan penerapan metode systematic layout planning dan CRAFT dapat meningkatkan efisiensi serta meminimasi ongkos angkut bahan baku selisih sebesar Rp. 623.430/produksi.

Keywords


Tata Letak Pabrik, Sistematic Layout Planning, CRAFT, Material Handling

Full Text:

PDF

References


Apple, James M. 1990. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. : Edisi Ketiga ITB, Bandung.

Dharmayanti, Indrani, 2016. Aplikasi Metode Systematic Layout Planning (SLP) Dalam Penataan Klaster Industri Kelapa Sawit (Studi Kasus Kawasan Industri Sei Mangkei). Jurnal Riset Industri.

Fadillah, A. (2018). Perbaikan Tata Letak Pabrik dengan Menggunakan Metode SLP dan CRAFT untuk Mendapatkan Layout Optimum pada PT. XYZ. Repositori Universitas Sumatera Utara.

Hadiguna, Rika Ampuh. 2008. Tata Letak Pabrik. Edisi satu. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Lukas, Kristianto. 2014. Perancangan Tata Letak Lantai Produksi Baru CV. Yudha Havana. Thesis, Universitas Atmajaya, Yogyakarta.

Maheswari, Hesti. 2015. Evaluasi Tata Letak Fasilitas Produksi Untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja Pada PT. Nusa Multilaksana. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.

Purnomo, Hari. 2004. Perencanaan dan Perancangan Fasilitas. Edisi Pertama Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rengganis Esa, 2015. Perbandingan Optimasi Re-Layout Penempatan Fasilitas Produksi Dengan Menggunakan CRAFT Guna Meminimalkan Biaya Material Handling. Jurnal Angkasa.

Sinulingga, Sukaria. 2016. Metode Penelitian. Medan: USU Press.

Siska, Merry, 2017. Usulan Perbaikan Tata Letak Lantai Produksi PT Jingga Perkasa Printing Menggunakan Systematic Layout Planning Dan Software Arena. Prosiding Seminar Nasional Teknologi IV.

Wignjosobroto, Sritomo, 2000. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan, Surabaya, Penerbit Guna Widya.

Wignjosoebroto, Sritomo, 2003. Pengantar Teknik dan Manajemen Industri Surabaya: Penerbit Guna Widya.




DOI: https://doi.org/10.53912/iej.v11i1.720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.