IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA ASPEK KINERJA KARYAWAN DI CV. ATHAYA MINERAL LANGSA

Authors

  • Bakhtiar Bakhtiar Universitas Malikussaleh
  • Syukriah Syukriah Universitas Malikussaleh
  • Gerry Agustafani Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.53912/iej.v10i2.674

Keywords:

Kinerja Karyawan, Lingkungan kerja, Pemberdayaan Karyawan, Perbaikan Berkesinambungan.

Abstract

CV.Athaya Mineral Langsa sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang air mineral,yang berlokasi di gampong geudubang aceh,kota Langsa. penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa kendala di perusahaan seperti kurangnya kerja sama antar karyawan dan beberapa hal lain yang menyebabkan kurang baiknya manajemen yang ada di perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan Total Quality Management (TQM) pada aspek kinerja karyawan di CV.Athaya Mineral Langsa. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 16 responden dan menggunakan quisioner sekala liker. Hasil penelitian menunjukan  Implementasi Total Quality Management terhadap kinerja karyawan pada kategori sangat baik sebanyak 3 orang (18,75%), kategori baik sebanyak 2 orang (12,5%), kategori kurang baik sebanyak 5 orang (31,25%). tidak baik sebanyak 2 orang (12,5%), kategori sangat tidak baik sebanyak 4 orang (25%). Indikator kinerja karyawan pada CV. Athaya Mineral Langsa mayoritas mendapatkan penilaian pada kategori baik (31,25%). Indikator lingkungan kerja mayoritas mendapatkan penilaian pada kategori sangat tidak baik (31,25%). Indikator pemberdayaan karyawan mayoritas mendapatkan penilaian pada kategori kurang  baik (43,75%). Indikator Perbaikan Kesinambungan mendapatkan penilaian pada kategori sangat baik dan tidak baik sebanyak 25%.

Author Biographies

Bakhtiar Bakhtiar, Universitas Malikussaleh

Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik

Syukriah Syukriah, Universitas Malikussaleh

Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik

Gerry Agustafani, Universitas Malikussaleh

Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik

References

Accurate.id/marketing:total quality management (TQM): pengertian prinsip dan keuntungan penggunaannya. Diakses tanggal 2 juni 2021.

Asmuni. (2013). Konsep Mutu dan Total Quality Management

Budianto Nanang. (2011). Kepemimpinan Dalam Total Quality Management.

Creech Bill : 1995. Lima pilar: management mutu terpadu TQM. Jakarta binapura aksara.

Gaspersz. (2011). Total Quality Management. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama.

Gaspersz. (2011). Development of Managerial Performance: A Research Approach. Cincinnati: South Western Publishing.

Keban (2014). Pengaruh TQM terhadap Kinerja Manajerial.

Krajewski and Ritzman. (2006). Budgelary Participation, Motivation, and Managerial Performance, The Accounting Review.

Lubis. (2005). Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajerial dengan Sistem Pengukuran Kinerja Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur di Kawasan Industri Medan), Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Mangkunegara . (2005). Manajemen pemasaran. PT Indeks. Jakarta.

Munizu. (2010). Pengaruh Interaksi antara Total Quality Management dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Pengharapan terhadap Kinerja Manajerial.

Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor.

Nasution.(2015 : 15). Pengaruh penerapan Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja karyawan pda AJB Bumi Putera 1912 syariah cabang Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor.

Pasolong. (2008). TQM Total Quality Management – Panduan Untuk Menghadapi Persaingan Global, Penerbit Djambatan. Jakarta.

Sedarmayanti. (2007). Organisasi dan Manajemen. Jakarta : Erlangga.

Sedarmayanti. (2000).Sumber daya Manusia dan Produktivitas. Bandung: Mandar maju.

Silalahi, U. (2011). Azas-Azas Manajemen. Bandung: Refika Aditama.

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles