IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA ASPEK KINERJA KARYAWAN DI CV. ATHAYA MINERAL LANGSA
DOI:
https://doi.org/10.53912/iej.v10i2.674Keywords:
Kinerja Karyawan, Lingkungan kerja, Pemberdayaan Karyawan, Perbaikan Berkesinambungan.Abstract
CV.Athaya Mineral Langsa sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang air mineral,yang berlokasi di gampong geudubang aceh,kota Langsa. penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa kendala di perusahaan seperti kurangnya kerja sama antar karyawan dan beberapa hal lain yang menyebabkan kurang baiknya manajemen yang ada di perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan Total Quality Management (TQM) pada aspek kinerja karyawan di CV.Athaya Mineral Langsa. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 16 responden dan menggunakan quisioner sekala liker. Hasil penelitian menunjukan Implementasi Total Quality Management terhadap kinerja karyawan pada kategori sangat baik sebanyak 3 orang (18,75%), kategori baik sebanyak 2 orang (12,5%), kategori kurang baik sebanyak 5 orang (31,25%). tidak baik sebanyak 2 orang (12,5%), kategori sangat tidak baik sebanyak 4 orang (25%). Indikator kinerja karyawan pada CV. Athaya Mineral Langsa mayoritas mendapatkan penilaian pada kategori baik (31,25%). Indikator lingkungan kerja mayoritas mendapatkan penilaian pada kategori sangat tidak baik (31,25%). Indikator pemberdayaan karyawan mayoritas mendapatkan penilaian pada kategori kurang  baik (43,75%). Indikator Perbaikan Kesinambungan mendapatkan penilaian pada kategori sangat baik dan tidak baik sebanyak 25%.References
Accurate.id/marketing:total quality management (TQM): pengertian prinsip dan keuntungan penggunaannya. Diakses tanggal 2 juni 2021.
Asmuni. (2013). Konsep Mutu dan Total Quality Management
Budianto Nanang. (2011). Kepemimpinan Dalam Total Quality Management.
Creech Bill : 1995. Lima pilar: management mutu terpadu TQM. Jakarta binapura aksara.
Gaspersz. (2011). Total Quality Management. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama.
Gaspersz. (2011). Development of Managerial Performance: A Research Approach. Cincinnati: South Western Publishing.
Keban (2014). Pengaruh TQM terhadap Kinerja Manajerial.
Krajewski and Ritzman. (2006). Budgelary Participation, Motivation, and Managerial Performance, The Accounting Review.
Lubis. (2005). Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajerial dengan Sistem Pengukuran Kinerja Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur di Kawasan Industri Medan), Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara, Medan.
Mangkunegara . (2005). Manajemen pemasaran. PT Indeks. Jakarta.
Munizu. (2010). Pengaruh Interaksi antara Total Quality Management dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Pengharapan terhadap Kinerja Manajerial.
Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor.
Nasution.(2015 : 15). Pengaruh penerapan Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja karyawan pda AJB Bumi Putera 1912 syariah cabang Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor.
Pasolong. (2008). TQM Total Quality Management – Panduan Untuk Menghadapi Persaingan Global, Penerbit Djambatan. Jakarta.
Sedarmayanti. (2007). Organisasi dan Manajemen. Jakarta : Erlangga.
Sedarmayanti. (2000).Sumber daya Manusia dan Produktivitas. Bandung: Mandar maju.
Silalahi, U. (2011). Azas-Azas Manajemen. Bandung: Refika Aditama.
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors published in this journal agree to the following terms:
1. The copyright of each article is retained by the author (s).
2. The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
3. Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work.
5. Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License
Industrial Engineering Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms :
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits