USAHA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADA PRODUKSI CPO DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVE MATRIKS (OMAX) DI PT. INKA BINA AGRO WISESA

Defi Irwansyah, M Hidayat

Abstract


PT. Inka Bina Agro Wisesa adalah salah satu perusahaan di Desa Guha Uleue, Kecamatan Kuta makmur, Kabupaten Aceh Utara, provinsi Aceh yang menghasilkan produk berupa minyak mentah atau CPO (Crude Palm Oil) dan Kernel. PT. Inka Bina Agro Wisesa yang dituntut untuk melakukan peningkatan produktivitas. Pengukuran produktivitas sangatlah penting karena pada pengukuran produktivitas dapat menentukan apakah perusahaan tersebut memenuhi target produktivitas untuk produksi atau tidak. Oleh karena itu, diperlukan pengukuran produktivitas untuk mengetahui nilai produktivitas dan usaha peningkatan produktivitas pada produksi CPO di PT. Inka Bina Agro Wisesa. Salah satu metode pengukuran produktivitas yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah Objective Matrix (OMAX). Metode ini digunakan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor yang berpengaruh dan yang kurang berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas. Hasil perhitungan indeks produktivitas setiap periode menggambarkan penurunan dan peningkatan produktivitas yang dicapai oleh perusahaan. Pada hasil perhitungan PT. Inka Bina Agro Wisesa setiap bulan mengalami perubahan produktivitas yang tidak stabil, pada bulan November 2019 Produktivitas PT. Inka Bina Agro Wisesa mengalami penurunan pada bulan November 2019 sebesar – 80,39% dan mengalamai peningkatan yang cukup tinggi pada bulan berikutnya yaitu bulan Desember sebesar 594,96%. Pada bulan berikutnya PT. Inka Bina Agro Wisesa. Pada bulan berikutnya PT. Inka Bina Agro Wisesa mengalami penurunan produktivitasnya pada bulan Januari 2020 dan pada bulan Februari 2020 sampai -23,73%. Selanjutnya produktivitas pada bulan Maret hingga bulan September 2020 produktivitas PT. Inka Bina Agro Wisesa tidak stabil terjadi naik dan penurunan.

Keywords


Produktivitas, Objective Matrix (OMAX), Indikator Pencapaian, Indeks Pencapaian.

Full Text:

PDF

References


] Avianda, D., & Yuniati, Y. Yuniar. 2014. Strategi Peningkatan Produktivitas di Lantai Produksi Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 1(04), 202-213.

] Gaspersz, V. (2000). Manajemen Produktivitas Total. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

] Rismayadi, Budi. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Karyawan (Studi Kasus Pada Cv Mitra Bersama Lestari Tahun 2014)." Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif 1.1 (2015).

] Sinungan, Muchdarsyah. Produktivitas apa dan Bagaimana. Bumi Aksara, 2018.

] Syarifuddin, S., & Yani, L. (2014). Analisis Produktivitas Perusahaan Pada UD. Karya Jaya. Industrial Engineering Journal, 3(2).

] Wahyuni, H. C., & Setiawan, S. (2017). Implementasi Metode Objective Matrix (OMAX) Untuk Pengukuran Produktivitas Pada PT. ABC. PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), 1(1), 17-21.

] Zulhamsyah, D. (2014). Pengukuran Produktivitas di SOS Laboratory Balikpapan PT Trakindo Utama (Doctoral dissertation, President University).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.