PERENCANAAN ULANG TATA LETAK GUDANG MATERIAL BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE SHARED STORAGE DAN PENDEKATAN SIMULASI PADA PT. AINI SEJAHTERA

Amri Amri, Syamsul Bahri, Putri Lenggo Geni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan total momen dan waktu simulasi perpindahan bahan baku pada layout awal terhadap layout usulan pada PT. Aini Sejahtera. Evaluasi digunakan dengan menggunakan peta aliran proses untuk mengetahui proses perpindahan bahan baku pada gudang material bahan baku. Selanjutnya menggambarkan kondisi awal gudang dan mensimulasikannya kedalam software Promodel untuk diketahui berapa waktu simulasi pengambilan bahan baku di gudang selama 1 bulan. Setelah itu melakukan perancangan ulang dengan menggunakan software Visio 2016, setelah melakukan perancangan ulang menggunakan metode shared storage dilakukan pengukuran menggunakan metode aisle, sehingga didapatkan perbandingan jarak perpindahan antara layout awal dan layout usulan yaitu sebesar 25000.08 meter/tahun dan mensimulasikan kembali rancangan usulan tersebut, sehingga didapatkan waktu simulasi tercepat dari ke 3 usulan yaitu sebesar 21.71 jam/bulan dimana terjadi penurunan angka perpindahan yang mana pada layout awal sebesar 34.06 jam/bulan. Dan dari perbaikan rancangan menggunakan metode shared storage terjadi penurunan total momen perpindahan sebesar 36% selama setahun.

Keywords


Simulasi, Tata Letak Gudang, Total Momen, Promodel

Full Text:

PDF

References


Purnomo, Hari, 2004, Perencanaan dan Perancangan Fasilitas, Graha Ilmu, Yogyakarta

Martono, Ricky, 2015, Manajemen Logistik Terintegrasi, PPM, Jakarta

Francis, R. J., & White, J. A. (1992). Facility Layout and Location: An Analytical

Darmawan, R.I, M. Iqbal, D. Pratami, I.A. Puspita (2015). Perbaikan Tata Letak Fasilitas Produksi Menggunakan Algoritma CRAFT. Proceeding Seminar Sistem Produksi XI.

Siregar R. M. Sukatendel D. and Tarigan U. (2 ) „Perancangan Ulang Tataletak Fasilitas Produksi Dengan Menerapkan Algoritma Blocplan Dan Algoritma Corelap Pada PT. XYZ‟ e-Jurnal Teknik Industri FT USU, 1(1), pp. 35–44.

Law A. M. dan Kelton D. W. 1991. Simulation Modelling & Analysis. Mc. Graw-Hill Inc. : New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.