SISTEM INFORMASI PEMASANGAN LISTRIK PRABAYAR BARU

Dahlan Abdullah, Khairullah Khairullah

Abstract


PT PLN  (Persero)  Rayon Lhoksukon ini membutuhkan sarana dan prasarana informasi yang tepat guna untuk keperluan pemasangan listrik prabayar. Dalam kesehariannya, PT PLN (Persero) Rayon  Lhoksukon melaksanakan pemasangan listrik prabayar ini masih dengan cara manual dan akan membutuhkan waktu yang lama dalam permohonan admistrasi pemasangan listrik prabayar.Sistem informasi pemasangan  listrik prabayar baru merupakan sistem informasi yang sudah terkomputerisasi sistemnya, dalam sistem pemasangan listrik baru admin menginputkan data pemohon yang ingin memasangkan listrik baru dirumahnya secara otomatis ke database dan memudahkan admin dalam pencarian data di kemudian hari. Jika sistem nya belum terkomputerisasi dan hanya manual saja nantinya data pemohon masih ditumpuk dalam lemari arsip, sehingga pada saat pembuatan laporan memiliki kesulitan dalam pencarian data pemohon dan memiliki resiko kehilangan data. Hal ini tidak di dukung dengan adanya media penyimpanan berupa sistem database untuk manajemen data pemohon. Berdasarkan hal tersebut maka dengan sistem informasi pemasangan listrik prabayar  baru berbasis php dan  mysql, ternyata dapat membantu pemohon dalam mendaftar pemasangan listrik dan menjadi sistem penyampaian informasi yang dapat memberikan kemudahan dalam hal pengolahan data pemohon bagi pegawai, khususnya dalam melakukan pengolahan dan juga penyimpanan data  pemohon , Adapun tujuan dari sistem informasi ini adalah untuk mendata dan melayani pelanggan untuk mendaftar pemasangan listrik baru dengan struktur.

Keywords


Sistem Informasi, Pemasangan, Prabayar, Listrik

Full Text:

PDF

References


S. Wignjosoebroto, A. Rahman, and Y. Endrianta, “Perancangan Tata Letak Fasilitas Produksi dengan Metode Systematic Layout Planning (Studi Kasus Relokasi dan Relayout Pabrik PT . BI – Surabaya),” J. Tek. ITS, 2016.

P. Utomo and F. W. Prayitno, “Perancangan Dashboard Sistem Informasi Untuk Agile Manajemen Proyek dengan Menggunakan JIRA (Studi Kasus: di PT. FLASHiZ Indonesia),” Sisfotek Glob., 2015.

T. Sutabri, “Pengertian / Definisi Android,” in Analisis Sistem Informasi, 2012.

Melan Susanti, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Smk Pasar Minggu Jakarta,” Informatika, 2016.

T. Sutabri, Analisis Sistem. 2014.

Tata Sutabri, “informasi adalah,” kualitas Inf., 2012.

Saifulloh and N. Asnawi, “Data Manajemen Dan Teknologi Informasi,” J. Ilm. DASI, 2015.

G. F. Fahnani. and M. Karnoto ST, “Transformator daya,” Anal. PENGUKURAN DAN PEMELIHARAAN Transform. DAYA PADA, 2011.




DOI: https://doi.org/10.53912/iejm.v9i2.586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.