Prototipe Aplikasi Pengukuran Efisiensi Pendidikan Pesantren Di Kota Lhokseumawe Menggunakan Metode DEA

Mirna Dewi, Dahlan Abdullah

Abstract


Pendidikan adalah hal dasar yang diperlukan sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup manusia. Dengan pendidikan  yang baik akan diperoleh pula kondisi kerja yang baik, kepuasan kerja, kepuasan menikmati masa pensiun, hingga peningkatan gizi dan kesehatan. Pesantren adalah lembaga pendidikan yang berorientasi masa depan yang bertujuan agar lulusannya dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan pentingnya moral agama Islam sebagai pedoman hidup masyarakat tentu memiliki tujuan, kurikulum, visi dan misi dalam usaha membentuk bangsa yang beradap.  Di Provinsi Aceh khususnya Kota Lhokseumawe kini sudah banyak pesantren-pesantren yang di bangun, tentu ada perbandingan efisiensi disetiap pendidikan pesantren yang ada, untuk mengukur tingkat efisiensi pendidikan Pesantren yang ada di Kota Lhokseumawe bisa menggunakan pengukuran DEA. Pengukuran DEA (Data Envelopment Analysis) adalah suau metode yang digunakan untuk mengevaluasi produktivitas dari suatu unit kerja yang bertanggung jawab menggunakan sejumlah input untuk memperoleh output yang ditargetkan. Salah satu keunggulan DEA adalah dapat menangani banyak input dan output dan tidak membutuhkan asumsi hubungan fungsional antara variabel input dan variabel output. Suatu pendidikan pesantren di katakan efisien jika nilai yang dicapai dalam penggunaan input dan outputnya adalah 1 dan sebaliknya jika nilai yang di hasilkan dari penggunaan input dan output nya kurang dari 1 maka pendidikan di pesantren tersebut dikatakan tidak efisien. Dengan mengetahui nilai efisiensi pendidikan suatu pesantren dapat menjadi acuan bagi calon santri yang ingin mendaftar dan dapat menjadi titik perhatian bagi pemimpin maupun pengajar dalam mengembangkan atau meningkatkan efisiensi pesantren tersebut agar menjadi lebih efisien dan efektif

Full Text:

PDF

References


D. Abdullah, “Potensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Kelas,” J. Teknol. Inf., 2001.

U. Rahardja, E. N. Dewi, and N. Lutfiani, “Peningkatan Rank Webometrics Menggunakan Metode Inbound Dan Outbound Pada Perguruan Tinggi,” SISFOTENIKA, 2017.

L. Sudibyo, “Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia,” J. Widyatama, 2011.

R. Styaningsih, “Kontinuitas Pesantren dan Madrasah di Indonesia,” AT TA’DIB, 2016.

wikipedia, “Teknologi Informasi Komunikasi,” 30 April 2014, 2014. .

M. A. Biba, “Prospek Pengembangan Sorgum untuk Ketahanan Pangan dan Energi,” Iptek Tanam. Pangan, 2015.

K. Kurniawan, “ASPEK HUKUM FATWA MAJELIS PERMUSYAWARATAN ULAMA (MPU) TENTANG ALIRAN SESAT,” J. Din. Huk., 2014.

B. Andrian, “Manajemen Komunikasi Entrepreneur Usaha Mikro Berbasis Pondok Pasantren,” Ilmu Dakwah Acad. J. Homilet. Stud., 2017.

S. H. Hamzah, K. Kunci, : Perkembangan, P. D. Orla, and R. Orba, “PERKEMBANGAN PESANTREN DI INDONESIA (Era Orde Lama, Orde Baru, Reformasi),” Syamil, 2014.

R. D. Banker, A. Charnes, and W. W. Cooper, “Some Models for Estimating Technical and Scale Inefficiencies in Data Envelopment Analysis,” Manage. Sci., 2008.

D. Abdullah, Tulus, S. Suwilo, S. Efendi, M. Zarlis, and H. Mawengkang, “A research framework for data envelopment analysis with upper bound on output to measure efficiency performance of higher learning institution in Aceh province,” Int. J. Adv. Sci. Eng. Inf. Technol., vol. 8, no. 2, 2018.

D. K. Despotis and Y. G. Smirlis, “Data envelopment analysis with imprecise data,” Eur. J. Oper. Res., 2002.

D. Abdullah, Tulus, S. Suwilo, S. Efendi, Hartono, and C. I. Erliana, “A slack-based measures for improving the efficiency performance of departments in Universitas Malikussaleh,” Int. J. Eng. Technol., 2018.

C. Lee and Y. Ji, “Data Envelopment Analysis in Stata,” in Stata Conference DC, 2009.

K. Tone, “Slacks-based measure of efficiency in data envelopment analysis,” Eur. J. Oper. Res., 2001.

“Ciri iklim sekolah berkesan: Implikasinya terhadap motivasi pembelajaran,” J. Pendidik. Malaysia, 2006.

Eka Srimulyani, “Nyai dan Umi dalam Tradisi Pesantren di Jawa dan Dayah di Aceh : Achieved and Derivative Power,” J. Masy. Budaya, 2009.

A. M. Muslimin, “POLITIK PENYETARAAN DAYAH DI ACEH,” J. Pemikir. Keislam., 2014.

D. Abdullah, Herawati, and C. I. Herliana, “Perancangan Sistem Informasi Pendataan Siswa SMP Islam Swasta Darul Yatama Berbasis Web,” IJNS – Indones. J. Netw. Secur., 2015.

A. S. Ahmar, Rusli, and A. Rahman, “Steps in Designing Queue and Interview Process using Information System: A Case of Re-registration of New Students in Universitas Negeri Makassar,” Asian J. Technol. Manag., 2016.

D. Abdullah, “Digital Library Information System Development at Malikussaleh University with SDLC ( System Development Life Cycle ),” IJCAT - Int. J. Comput. Technol., 2015.

Y. X. Yin, N. Arbaiy, and J. Din, “Financial Records Management System for Micro Enterprise,” JOIV Int. J. Informatics Vis., 2018.

D. Abdullah, R. Rahim, D. Hartama, A. Abdisyah, Z. Zulmiardi, and S. Efendi, “Application of Web Based Book Calculation using Deterministic Dynamic Programming Algorithm,” in Journal of Physics: Conference Series, 2018.

M. Mesran et al., “Combination Base64 and Hashing Variable Length for Securing Data,” in Journal of Physics: Conference Series, 2018.




DOI: https://doi.org/10.53912/iejm.v8i2.408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.