Analisis Efektifitas Kerja Pengangkatan Beban Pada Bagian Pengantongan Di PT. Pupuk Krueng Geukuh

Muhammad Zeki, Iskandar Iskandar, Mohd Iqbal

Abstract


Dewasa ini perkembangan teknologi sangatlah pesat, hampir semua lini kehidupan dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Perusahaan-perusahaan yang dulunya menggunakan tenaga manusia sekarang perlahan-lahan mulai digantikan oleh mesin-mesin yang berbasiskan teknologi komputer. Dahulu perusahaan-perusahaan manufaktur hampir sepenuhnya dikerjakan oleh manusia sebagai operator mulai dari proses pengolahan bahan baku hingga produk dilepas ke pasar masih berhubungan dengan kegiatan operator. Seiring perkembangan teknologi maka tranformasi besar-besaran dari operator ke mesin-mesin yang berbasis komputerisasi pun terjadi, sehingga dampak dari permasalahan ini terjadi banyak pengangguran dimana-mana. Pesatnya perkembangan teknologi tidak serta-merta menggantikan manusia sebagai operator. Banyak kegiatan yang saat ini tetap harus dilakukan oleh manusia, diantaranya adalah proses pengangkatan beban ke suatu tempat dalam jarak yang dekat. PT. Pupuk Iskandar Muda adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan Pupuk. Produksi pupuk yang dihasilkan adalah untuk memenuhi kebutuhan pertanian dalam negeri. Sebagai negara agraris Indonesia merupakan salah satu negara yang membutuhkan pupuk untuk kebutuhan pertanian. Proses akhir dari pembuatan pupuk adalah kegiatan distribusi, pada tahap ini kegiatan muat pupuk kedalam truk adalah kegiatan penting untuk kelancaran kegiatan distribusi. Kegiatan ini dilakukan di bagian gudang pengantongan di PT.Pupuk Iskandar Muda. Kegiatan ini berlangsung secara kontinu setiap hari untuk kelancaran distribusi pupuk. Berat pupuk sebesar 50 kg dan diangkat secara berulang-ulang ke dalam truk dengan jumlah rata-rata untuk masing-masing truk telah berdampak kepada kesehatan operator yang mengangkat karung pupuk kedalam truk hal ini diketahui melalui pengukuran denyut jantung, penyebaran kuisioner Nordic Body Map dan wawancara langsung dengan operator yang berkerja. Masalah ini diselesaikan dengan metode pendekatan biomekanik dan pendekatan fisiologis. Akhir dari penelitian ini diperoleh rancangan alat bantu yang dapat mengatasi jarak dalam pengangkatan beban sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada bagian-bagian tubuh operator yang melakukan kegiatan pengangkatan pupuk dari atas pallet ke dalam truk

Full Text:

PDF

References


Achiraenawati, Erri.2004. Analisis Aspek Ergonomic pada pemindahan material secara manual berdasarkan NIOSH formula sebagai upaya keamanan dan keselamatan kerja. penerbit Fakultas Teknik Universitas Islam. Bandung.

Khalid,Thoha. 2009.Analisis resiko Ergonomi dan Keluhan Muskuloskeletal pada upper Limb Extrimities Akibat Penggunaan Laptop pada Mahasiswa S1 FKM UI. FKM UI.

Kuswana, S.W, 2016. Ergonomi dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Edisi ke-2.Rosdakarya Bandung.

Nurmianto, Eko.1998 Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Penerbit Guna Widya. Jakarta.

National Institute Occupational Health and Safety, Calculating Recomended Weight Limit. www.ccosh.ca/inguiris_form html.

Prassetiyo Hendro, Jurnal Penelitian, Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Industri Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara, 2010.

Sutalaksana, Z Iftikar.Anggawisastra, R, Tjakraatmaja, J.H.1979Teknik Tata Cara Kerja. Penerbit Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung.

Simanjuntak, A.R. 2011.Penilaian Resiko Manual Handling dengan Metode Indikator Kunci dan Penentuan Klasifikasi Beban Kerja dengan Penentuan Cardiovaskular Load.Penerbit Jurusan Teknik Industri Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

Tarwaka. 2006. Ergonomi untuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Penerbit Institut Teknologi Bandung.

Veronica. 2001. Laporan Resmi Praktikum Ergonomi. Penerbit Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Zeki,Muhammad. 2007. Penentuan Batas Angkat Pupuk yang aman pada Bagian Pengantongan di PT.Pupuk Iskandar Muda, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.