Prototipe Aplikasi Tingkat Efisiensi Pusat Kesehatan Masyarakat Kota Lhokseumawe Dengan Metode DEA

Indra Pilianti D, Dahlan Abdullah

Abstract


Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis dinas kesehatan dan bertanggungjawab  menyelenggarakan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat sebagai sarana pelayanan kesehatan tingkat pertama. Puskesmas merupakan sarana yang tepat  sebagai ujung tombak dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Namun seringkali keberadaan puskesmas  ini dihadapi oleh beberapa kendala seperti jumlah Puskesmas yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk di setiap kecamatan yang ada di kota Lhokseumawe. Minimnya SDM di Puskesmas dan penyebaran tenaga kerja yang tidak merata  antar  Puskesmas dan juga fasilitas yang didapatkan. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Data Analysis Envelopment (DEA) dengan model CCR. Variabel input yang digunakan yaitu jumlah tenaga medis, jumlah pengguna BPJS, jumlah Posyandu, jumlah ketersediaan obat, fasilitas medis. Sedangkat variabel output yaitu jumlah pasien umum, jumlah pasien BPJS, jumlah pelayanan kesehatan terhadap Balita. Sampel penelitian ini menggunakan 6 Puskesmas di Kota Lhokseumawe. Data yang digunakan adalah data yang diambil dari Dinas Kesehatan, Puskesmas dan sumber lainnya

Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, “Riset Kesehatan Dasar 2013,” Ris. Kesehat. Dasar 2013, 2013.

R. Machmud, “MANAJEMEN MUTU PELAYANAN KESEHATAN,” J. Kesehat. Masy. Andalas, 2008.

C. Anggraeny, “Inovasi Pelayanan Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Jagir Kota Surabaya,” Kebijak. dan Manaj. Publik, 2013.

D. Aryanta, A. R. Darlis, and Y. Mulyadi, “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM ORTHOGONAL FREQUENCY DIVISION MULTIPLEXING (OFDM) DENGAN MENGGUNAKAN DSK-TMS320C6713,” J. Elektro dan Telekomun. Terap., 2017.

D. Abdullah, Tulus, S. Suwilo, S. Efendi, M. Zarlis, and H. Mawengkang, “A research framework for data envelopment analysis with upper bound on output to measure efficiency performance of higher learning institution in Aceh province,” Int. J. Adv. Sci. Eng. Inf. Technol., vol. 8, no. 2, 2018.

D. Abdullah et al., “A Slack-Based Measures within Group Common Benchmarking using DEA for Improving the Efficiency Performance of Departments in Universitas Malikussaleh,” in MATEC Web of Conferences, 2018.

W. W. Cooper, L. M. Seiford, and J. Zhu, “Data envelopment analysis: History, models, and interpretations,” in International Series in Operations Research and Management Science, 2011.

C. Lee and Y. Ji, “Data Envelopment Analysis in Stata,” in Stata Conference DC, 2009.

W. D. Cook, K. Tone, and J. Zhu, “Data envelopment analysis: Prior to choosing a model,” Omega (United Kingdom), 2014.

J. Sundari, “Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web,” IJSE – Indones. J. Softw. Eng., 2016.

A. N. Cahyanti and B. E. Purnama, “Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Pakis Baru Nawangan,” Speed J. – Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, 2017.

S. Akhmad and N. Hasan, “Perancangan Sistem Rawat Jalan Berasis web Pada Puskesmas Winog,” Informatika, 2015.

S. Di and P. Karanganyar, “Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Volume 5, No. 2, Juni 2009,” J. Ilm. Kesehat. Keperawatan, 2009.

D. Abdullah, U. Malikussaleh, and D. Abdullah, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDATAAN SISWA SMP ISLAM SWASTA,” Semin. Nas. Teknol. Informasi, Komun. dan Ind., 2016.

D. Abdullah, E. Erlina, C. I. Erliana, D. Irwansyah, M. Zarlis, and E. Elviwani, “APLIKASI PEMBELAJARAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) BERBASIS WEB,” TECHSI - J. Tek. Inform., 2018.

S. Ramadhani, U. Anis, and S. T. Masruro, “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan Di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL,” J. Tek., 2013.

Q. Aini, U. Rahardja, and A. Fatillah, “Penerapan Qrcode Sebagai Media Pelayanan Untuk Absensi Pada Website Berbasis Php Native,” SISFOTENIKA, 2018.

I. U. Rahardja and S. Raharja, “Artificial informatics,” in 2009 4th IEEE Conference on Industrial Electronics and Applications, ICIEA 2009, 2009.

C. Lee and Y. Ji, “Data Envelopment Analysis in Stata,” Stata Conf. DC, 2009.




DOI: https://doi.org/10.53912/iejm.v8i2.403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.