Analisis Sistem Perawatan Mesin Boiler pada Industri Kelapa Sawit

Yudi Daeng Polewangi

Abstract


Boiler adalah bejana tertutup yang terbuat dari baja yang memiliki fungsi untuk menghasilkan uap dan digunakan untuk pemanas, penggerak turbin dan sebagainya. Pemakaian dan perawatan boiler yang baik akan membuat efisiensi boiler semakin tinggi dan menghemat biaya operasional secara umum. Kondisi boiler pada salah satu industri kelapa sawit yang diteliti mengalami penurunan kinerja dan apabila tidak diperbaikikomdisi tersebut, maka mesin akan mengalami kerusakan yang akan menyebabkan kerugian waktu operasi (downtime). Permasalahan yang akan muncul akibat terjadinya downtime adalah keterlambatan produksi, hilangnya waktu efektif untuk berproduksi sehingga mempengaruhi produktivitas perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan nilai availability ratio terendah terjadi pada bulan September 2018, hal ini disebabkan karena total downtime yang tinggi selama 4610 menit dikarenakan terjadi trouble dan waktu tunggu selama 1920 menit untuk recovery. Performance efficiency ratio jumlah bahan bakar yang digunakan tinggi yaitu sebesar 35 Kg/cm3 dikarenakan untuk recovery dari awal. Rate of quality mesin menunjukkan hasil yang bagus, hal ini dikarenakan tidak adanya reject yang terjadi

Full Text:

PDF

References


Betrianis, Pengukuran nilai OEE (Overall Equipment Effectiveness), Dept. Teknik Industri, Universitas Indonesia, 2005.

Corder, Antony, Kusnul Hadi, Teknik Management Pemeliharaan, Erlangga, Jakarta, 1988.

Naibaho, Cornel, Keteknikan Pabrik, Akademika Pressindo, Jakarta, 1985.

Malik, Nur A., Mohammad Hamsal, Pengukuran Kinerja Operasional melalui Implementasi Total Productive Maintenance di PT. XYZ, Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Teguh I., Dwi P., Saut G, Implementasi Total Productive Maintenance dengan Metode Overall Equipment Efectiveness (OEE) untuk Menentukan Maintenance Strategy pada Mesin Tube Mill 303, Department of Marine Engineering, Faculty of Marine Technology, Sepuluh Nopember Institute of Technology.

Wijaya, Budi H, Total Productive Maintenance, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.