Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Integrated Performance Measurement Systems

Muhammad Nur, Denilah Yani

Abstract


PT. Sejahtera Panca Jaya  adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang vulkanisir ban. Perkembangan industri vulkanisir ban memunculkan persaingan yang cukup ketat diantara vulkanisir ban khususnya di Pekanbaru.  Selama ini perusahaan mengalami kesulitan dalam mencapai target produksi, kesulitan yang dialami perusahaan disebabkan oleh proses produksi yang dilakukan tidak sebanding dengan pendapatan yang diperoleh serta buruknya pengelolaan manajemen keuangan perusahaan. Selama ini perusahaan belum pernah melakukan pengukuran kinerja secara terintegrasi. Pengukuran kinerja sangat penting bagi perusahaan, dapat membantu perusahaan untuk mengetahui tingkat performansi kerja yang baik. Untuk era sekarang, cara terbaik untuk mengukur kinerja adalah dengan memppertimbangkan stakeholder  perusahaan dan  mengidentifikasi kebutuhan stakeholder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan stakeholder, memberikan usulan dan meningkatkan kinerja perusahaan dengan menerapkan metode IPMS yang dikombinasikan dengan AHP. Hasil dari pengukuran kinerja diperoleh sebanyak 16 KPI yang telah teridentifikasi, terdapat 4 KPI yang diambil dari setiap stakeholder dengan nilai bobot tertinggi. KPI dengan nilai bobot tertinggi akan diberikan usulan perbaikan. Dengan dilakukan perbaikan terhadap indikator diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan kedepannya

Full Text:

PDF

References


Papilo, Petir., “Pengukuran Kinerja Organisasi Dengan Penerapan Metode IPMS Yang Terintegrasi Dengan Metode Smart System (Studi Kasus : Fakultas “x”)”, Jurnal Teknik Industri, UIN Suska Riau, Pekanbaru. 2012.

Simbolon, Freddy., “Perbandingan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan”, Jurnal Manajemen, Binus University, Jakarta Barat. 2015.

Susetyo, Joko., “Penerapan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Integrated Performance Measurement System (IPMS) pada PT X”. Jurnal Teknik Industri, IST AKPRIND, Yogyakarta. 2013.

Winarni, dan Cahyo Purnomo., “Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Mtode Integrated Performance Measurement (IPMS)”. Jurnal Teknik Indstri, Dosen, Alumni Jurusan Teknik Industri, IST AKPRIND, Yogyakarta. 2012.

Nur, Muhammad dan Bahrul Ulum, “ Usulan Perbaikan Kinerja Menggunakan Metode Performance Prism dan Analytichal Hierarchy Process di CV Robert Jaya Sejahtera”. Jurnal Teknik Industri, Volume 17, No. 02, Universitas Sebelah Maret. Surakarta, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.