Perilaku Vandalisme Penyedia Jaringan Telekomunikasi (Studi Kasus PT TELKOM Akses Area Bekasi oleh Karyawan Unit Maintenance URC)

Astuty Pohan, Mia Meilina, Abdul Asman

Abstract


Saat ini perkembangan teknologi komunikasi yang semakin pesat menuntut perusahaan telekomunikasi di Indonesia dapat bersaing dengan kompetitor lainnya untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen. Saat ini banyak provider layanan telekomunikasi banyak yang bermunculan sehingga persaingan semakin menguat dan kompetitif, karena setiap perusahaan berupaya membangun kekuatan masing-masing, bahkan persaingan tersebut membuat organisasi perusahaan secara totalitas harus profesional dalam mengelola perusahaan dengan terus meningkatkan kekuatan secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan bentuk perilaku vandalisme karyawan PT Telkom Akses Unit Maintenance URC. Bentuk penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan studi kasus. Paradigma penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Postpositivisme. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah adanya faktor dan bentuk perilaku vandalisme karyawan PT Telkom Akses Unit Maintenance URC area Bekasi. Faktor perilaku vandalisme berawal dari adanya aktifitas komunikasi efektif dalam grup whatsapp muncul perintah untuk melakukan vandalisme. Faktor dan bentuk vandalisme karyawan PT Telkom Akses unit maintenance Area Bekasi dalam melakukan vandalisme adalah fakor personal dan faktor situasional sedangkan bentuk perilaku vandalisme berupa tactical, vindicate dan malicious vandalism.

References


Daryanto, & Rahardjo, M. (2016). Teori Komunikasi. Yogyakarta: Gava Media.

Muhammad, A. (2007). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Budi Aksara.

Pace, & Faules. (2013). Komunikasi Organisasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anggono, F.R. (2014). Perilaku Vandalisme Pada Remaja di Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Rohim, S. (2016). Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bajari, A. (2015). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sobur, A. (2016). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Grup.

Walgito,Bimo. (2004). Psikologi Sosial Suatu Penghantar. Yogyakarta: Andi.

Effendy, O.U. (2009). Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.53912/iejm.v8i1.378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.