Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Swalayan Dengan Metode Importance Performance Analysis Dan Model Kano

Authors

  • Trisna Trisna Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh Jl. Batam Kampus Bukit Indah, Blang Pulo, Muara Satu, Lhokseumawe
  • Defi Irwansyah Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh Jl. Batam Kampus Bukit Indah, Blang Pulo, Muara Satu, Lhokseumawe
  • Mochamad Ari Saptari Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh Jl. Batam Kampus Bukit Indah, Blang Pulo, Muara Satu, Lhokseumawe
  • Maisyaroh Maisyaroh Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh Jl. Batam Kampus Bukit Indah, Blang Pulo, Muara Satu, Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.53912/iejm.v8i1.376

Abstract

Swalayan merupakan usaha retail modern yang menjual barang kebutuhan sehari-hari. Kualitas pelayanan merupakan hal yang sangat penting  bagi swalayan untuk menghadapi persaingan sehingga perlu dilakukan perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  kualitas pelayanan suatu swalayan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan model Kano sehingga dapat diketahui prioritas atribut yang harus diperbaiki sesuai dengan keinginan konsumen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas atribut yang harus ditingkatkan kinerjanya oleh pihak swalayan yaitu penunjuk lokasi barang yang jelas, keamanan tempat parkir, terdapat label harga pada produk, harga produk yang ditawarkan sesuai dengan label.

References

Trisna, S. Ma’arif, and Y. Akerman, “Strategi Pengembangan Produk Susu Kedelai dengan Penentuan Karakteristik Produk,†J. Tek. Ind., pp. 157–168, 2013.

Q. Xu, R. J. Jiao, X. Yang, M. Helander, H. M. Khalid, and A. Opperud, “An analytical Kano model for customer need analysis,†Des. Stud., vol. 30, no. 1, pp. 87–110, 2009.

T. Wang and P. Ji, “Understanding customer needs through quantitative analysis of Kano’s model,†Int. J. Qual. Reliab. Manag., vol. 27, no. 2, pp. 173–184, 2010.

T. Kusumah and K. Sisilia, “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Samsat Keliling Kota Bogor Dengan Metode Importance Performance Analysis,†eProceedings Manag., vol. 2, no. 2, 2015.

M. Yola and D. Budianto, “Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan harga produk pada supermarket dengan menggunakan [1] Trisna, S. Ma’arif, and Y. Akerman, “Strategi Pengembangan Produk Susu Kedelai dengan Penentuan Karakteristik Produk,†J. Tek. Ind., pp. 157–168, 2013.

Q. Xu, R. J. Jiao, X. Yang, M. Helander, H. M. Khalid, and A. Opperud, “An analytical Kano model for customer need analysis,†Des. Stud., vol. 30, no. 1, pp. 87–110, 2009.

T. Wang and P. Ji, “Understanding customer needs through quantitative analysis of Kano’s model,†Int. J. Qual. Reliab. Manag., vol. 27, no. 2, pp. 173–184, 2010.

T. Kusumah and K. Sisilia, “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Samsat Keliling Kota Bogor Dengan Metode Importance Performance Analysis,†eProceedings Manag., vol. 2, no. 2, 2015.

M. Yola and D. Budianto, “Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan harga produk pada supermarket dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA),†J. Optimasi Sist. Ind., vol. 12, no. 12, pp. 301–309, 2013.

J. O. Ong and J. Pambudi, “Analisis kepuasan pelanggan dengan Importance Performance Analysis di SBU Laboratory Cibitung PT Sucofindo (Persero),†J@ TI UNDIP J. Tek. Ind., vol. 9, no. 1, pp. 1–10, 2014.

N. B. Puspitasari, H. Suliantoro, and L. Kusumawardhani, “Analisis kualitas pelayanan dengan menggunakan integrasi Importance Performance Analysis (IPA) dan model Kano (studi kasus di PT. Perusahaan Air minum Lyonnaise Jaya Jakarta),†J@ TI UNDIP J. Tek. Ind., vol. 5, no. 3, pp. 185–198, 2010.

S. A. F. Nengsih, R. Lestari, and R. Husna, “Integrasi Metode Importance Performance Analysis Dan Model Kano Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus: Perpustakaan Universitas Andalas),†J. Mat. UNAND, vol. 5, no. 3, 2016.

H. Umar, Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia, 2003.

F. Tjiptono, Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset, 2001.

S. Hanoum, “Prioritizing Healthcare Service Attributes. Comparing Importance Performance Analysis and Kano model,†Institut Teknologi Surabaya, 2009.

Walden, “Kano’s Methods for Understanding Customer Defined Quality,†Cent. Qual. Manag. J., vol. 2, 1993.

Published

2019-08-20

Issue

Section

Articles