Perancangan Sistem Kendali Otomatis Lampu Penerangan pada Rumah Tinggal untuk Meningkatkan Efisiensi Pemakaian Listrik

M Hudori, Yahya Paisal

Abstract


Persediaan listrik yang terbatas menuntut kita untuk berhemat dalam penggunaanya. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik yaitu dengan penggunaan lampu rumah tinggal seperlunya saja. Sistem operasi open source pada ponsel Android dapat dimanfaatkan untuk membuat aplikasi pengendali lampu rumah tinggal dalam menggunakan mikrokontroler dan relay sebagai pengganti atau penambah saklar secara automatis. Aplikasi Android digunakan sebagai perintah kepada rangkain mikrokontroler Arduino melalui media komunikasinya adalah modul Bluetooth. Mikrokontroler Arduino akan merespon input dan output berupa logika low/Off dan logika high/On melalui pin-pin yang telah ditentukan. Pin-pin tersebut akan dihubungkan ke modul Relay. Ketika mendapat input logika low dan logika high maka akan mengaktifkan fungsi relay dan relay tersebut akan menggerakan kontak saklarnya sehingga lampu dapat menyala dan mati. Modul Relay digunakan sebagai pengganti atau penambah saklar yang dihubungkan ke lampu rumah. Semua instalasi lampu rumah akan tersimulasi menggunaka miniatur maket dan lampunya akan di ganti dengan LED.

References


Rofiq, M., & Yusron, M. (2014). Perancangan Sistem Kontrol dan Monitoring Lampu dengan Memanfaatkan teknologi Bluetooth pada Smartphone Android. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 8(1), 14-23.

Adi, A.N. (2010). Mekantronika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kadir, A. (2015). Buku Pintar Pemrograman Arduino. Yogyakarta: MediaKom.

Rahmiati, P., Firdaus, G., & Fathorrahman, N. (2014). Implementasi Sistem Bluetooth menggunakan Android dan Arduino untuk Kendali Peralatan Elektronik. ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, 2(1), 1-14.

Enterprise. J. (2010). Step By Step Ponsel Android. Jakarta: PT. Elexmedia Kompotindo.

Nazruddin. S. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android (Edisi Revisi). Bandung: Informatika.

Raharjo, B. (2014). Pemrograman C++ (Edisi Revisi). Bandung: Informatika.

Diartono, D. A. (2009). Teknologi Bluetooth untuk Layananan Internet padaWireless Local Area Network. Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi, 14(1), 70-78.

Silvia, A. F., Haritman, E., & Mulyadi, Y. (2014). Rancang Bangun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino Dan Android. Electrans, 13(1), 1-10.

Ihsanto, E., & Hidayat, S. (2014). Rancang Bangun Sistem Pengukuran Ph Meter dengan Menggunakan Mikrokontroller Arduino Uno. Jurnal Teknologi Elektro Universitas Mercu Buana, 5(3), 130-137.

Kholilah, I., & Al Tahtawi, A. R. (2017). Aplikasi Arduino-Android untuk Sistem Keamanan Sepeda Motor. Jurnal Teknologi Rekayasa, 1(1), 53-58.




DOI: https://doi.org/10.53912/iejm.v8i1.375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.