Evaluasi Manajemen Perawatan Mesin Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance Pada PT. Z

Authors

  • Sayuti Muhammad Faculty of Industrial Engineering, Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia P.O. Box 141 Lhokseumawe Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450 Handphone: +6285297821421 Email of Journal: miej.unimal@gmail.com
  • Muhammad Muhammad Faculty of Industrial Engineering, Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia P.O. Box 141 Lhokseumawe Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450 Handphone: +6285297821421 Email of Journal: miej.unimal@gmail.com
  • Rifai Siddiq Muhammmad Faculty of Industrial Engineering, Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia P.O. Box 141 Lhokseumawe Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450 Handphone: +6285297821421 Email of Journal: miej.unimal@gmail.com

DOI:

https://doi.org/10.53912/iejm.v2i1.22

Abstract

PT. Z adalah peusahaan yang bergerak dalam bidang produksi air minum dalam kemasan
dimana perusahaan tersebut memproduksi berbagai jenis air minum dalam kemasan diantaranya jenis
cuo (220ml), jenis medium (600ml), jenis large (1500ml), dan galon. Untuk memproduksi sesuai dengan
target produksi tentu didukung oleh mesin dan peralatan disetiap tahapan prosesnya dan harus
dioperasikan dengan efektif dan efisien, untuk mengoperasikan mesin dan peralatan secara efektif dan
efisien diperlukan sistem perawatan mesin yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah
Reliability Centered Maintenance II dengan memadukan analisis kualitatif yang meliputi FMEA dan RCM
II Decision Worksheet. Metode Reliability Centered Maintenance II ini digunakan untuk menentukan
kegiatan interval perawatan berdasarkan pada RCM II Decision Worksheet sesuai dengan fungsi dan
sistem kerja pada mesin-mesin area produksi kemasan botol medium dan FMEA digunakan untuk
mengidentidikasi penyebab kegagalan dan efek yang ditimbulkan dari kegagalan tersebut

Downloads

Published

2013-04-01

Issue

Section

Articles