Strategi Pemasaran PT Honda Arista Kota Lhoksemawe Dalam Meningkatkan Penjualan

Authors

  • Anwar Ali
  • Syukriah Syukriah
  • Kartina Kartina

DOI:

https://doi.org/10.53912/iejm.v6i2.164

Abstract

PT. Arista Kota Lhoksemawe merupakan salah satu cabang dari PT. Arista, yang merupakan dealer resmi yang bergerak di dibidang industri jasa penjualan. Saat ini tingkat persaingan antar perusahaan semakin ketat dalam memperebutkan pangsa pasar, oleh karena itu PT. Arista membutuhkan strategi yang baik dalam upaya meningkatkan pangsa pasarnya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk (1) Untuk mendeskripsikan Faktor internal apa saja yang menjadi kekuatan dan kelemahan pemasaran PT honda Arista. (2) Untuk mendeskripsikan Faktor eksternal apa saja yang menjadi peluang dan ancaman pemasaran PT Honda Arista. Penelitian ini dilakukan di Jln Medan-Banda Aceh No 15-17 Desa Mns Mesjid Cunda Kota Lhokseumawe, Provinsi NAD tepatnya di PT Honda Arista Kota Lhokaseumawe. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penarikan sampel menggunakan menggunakan metode perposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan pengisian kuesooner oleh responden. Berdasarkan hasil analisis strategi personal salling, faktor internal (kekuatan dan kelemahan), dan faktor eksternal (peluang dan ancaman), maka hasil yang didapatkan adalah Dalam pelaksanaan Personal Selling PT Honda Arista Lhokseumawe, melakukan kegiatan untuk mendatangi rumah-rumah calon pembeli ataupun menelpon calon pelanggan dan menjumpai langsung dengan menjelaskan produk mobil honda kepada konsumen atau calon konsumen. Terdapat 7 Faktor internal yang menjadi kekuatan PT. Arista dalam melakukan proses pemasarannya, dan 5 faktor internal yang menjadi kelemahannya. Sedangkan Faktor eksternal yang menjadi peluang PT. Arista ada 5 faktor, dan terdapat 4 faktor eksternal yang menjadi ancaman PT. Arista dalam melakukan proses pemasarannya.

Downloads

Published

2017-11-29

Issue

Section

Articles