Identifikasi Pengaruh Marketing Mix Terhadap Peningkatan Pelanggan Pada PT. Pos Indonesia

Sri Meutia, Khairul Anshar, Ukhwatul Nufus

Abstract


PT. Pos Indonesia ialah perusahaan yang beropersional pada bagian jasa. Pos Indonesia membagi operasionalnya menjadi dua bagian: Usaha Bisnis Surat Paket (BPS) dan Jasa Keuangan (Jaskug). Usaha logistik surat dan parsel dibagi menjadi tiga bagian, yaitu surat domestik, surat internasional, dan logistik. Usaha jasa keuangan meliputi Pospay, Weselpos, Pos Giro, Saluran Penyaluran Dana dan Perbankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak bauran pemasaran (penetapan harga, produk/jasa, situs, dan promosi) terhadap PT. Perluasan basis pelanggan Pos Indonesia dan identifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap perluasan tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan menganalisis data primer yang dikumpulkan dari survei yang dilakukan kepada klien PT. Pengambilan sampel secara sengaja menghasilkan 100 tanggapan untuk divisi Bisnis Paket Surat Pos Indonesia. Uji instrumental, uji hipotesis klasik, uji linier multivariat, dan uji statistik digunakan untuk mengolah dan menganalisis data pada SPSS versi 16. Penelitian ini menemukan bahwa pengaruh variabel independen (harga, produk, situs, dan promosi) terhadap variabel dependen variabel penjelas (Y) sama besarnya dengan variabel penjelas lainnya (26,4%). Uji F menunjukkan bahwa faktor independen (Harga, Produk, Lokasi, Promosi) semuanya mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah konsumen, dengan Fhitung > Ftabel = 69,175 > 2,46. Harga, produk/jasa, lokasi, dan promosi semuanya memiliki nilai thitung lebih besar dari ttabel yang ditunjukkan dengan uji t. Oleh karena itu, variabel Produk (X2) merupakan variabel yang paling penting dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05.

Keywords


Peningkatan jumlah pelanggan, Marketing Mix, Regresi

Full Text:

PDF

References


A. Priangani, “Ade Priangani |Memperkuat Manajemen Pemasaran dalam Konteks Persaingan Global MEMPERKUAT MANAJEMEN PEMASARAN DALAM KONTEKS PERSAINGAN GLOBAL,” J. Kebangs., vol. 2, 2013.

A. Marike, “Analisis Unsur Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Meningkatkan Keputusan Nasabah Untuk Menabung (Studi Kasus Pada Nasabah BPR Restu Artha Makmur Semarang),” Skripsi, 2018.

W. Setiawan and S. Sugiharto, “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza Tipe G Di Surabaya,” J. Manaj. Pemasar., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2014.

R. B. Seran, E. Sundari, and M. Fadhila, “Jurnal Mirai Management Strategi Pemasaran yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen,” J. Mirai Manag., vol. 8, no. 1, pp. 206–211, 2023.

T. Haryono, “Pentingnya Menjaga Dan Meningkatkan Hubungan Baik Dengan Konsumen Dalam Masa Krisis,” JEJAK J. Ekon. dan Kebijak., vol. 3, no. 1, pp. 75–82, 2015.

I. M. Yudiana and N. L. P. Indiani, “Peran Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Dalam Mendorong Keputusan Pembelian Kembali di Bale Ayu Denpasar,” WACANA Ekon. (Jurnal Ekon. Bisnis dan Akuntansi), vol. 21, no. 1, pp. 55–63, 2022, doi: 10.22225/we.21.1.2022.55-63.

Surianti, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pelanggan Produk Floridina,” J. Investasi, vol. 4, no. 2, p. 14, 2018, doi: 10.31943/investasi.v4i2.12.

A. W. Purbohastuti, “Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Kebutuhan Pembekian Konsumen Indomaret,” J. Sains Manaj., vol. 7, no. 1, pp. 1–17, 2021.

T. Kuspriyono, “Samsung ( Studi Kasus Mahasiswa / I Universitas Gunadarma ),” J. Komun., vol. VII, no. 1, pp. 26–32, 2016.

N. Aisyah, “Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Produk Indomie,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 3, no. 2, 2015.

S. Aini and M. Wijaya, “Metode Mimicry-Memorization (Mim-Mem Method) dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Peserta Didik di Madrasah,” Palapa, vol. 6, no. 1, pp. 90–110, 2018, doi: 10.36088/palapa.v6i1.61.

K. Chelviana, A. Made, and A. Iyus, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Toko Modern Di Kecamatan Buleleng,” J. Pendidik. Ekon. Undiksha, vol. 9, no. 2, pp. 257–266, 2017.

Lestari and S. Petri, “Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi dengan Keputusan Memilih Produk,” J. Interakasi, vol. 4, no. 2, pp. 139–147, 2015.

P. P. Putra, “Evaluasi Bauran Promosi Pada Perusahaan Invynia,” J. Manaj. dan Start-Up Bisnis, vol. 1, no. 5, pp. 514–520, 2016.

U. M. D. E. C. D. E. Los, Pengaruh Marketing Mix Terhadap peningkatan Nasabah Deposito Pada PT BPRS Haji Miskin Pandai Sikek Kab. Tanah Datar. .

M. Muslim, M. F. AR Pelu, and M. KS, “Pengaruh Kompetensi Auditor, Tekanan Ketaatan, dan Kompleksitas Tugas Terhadap Audit Judgment,” Bongaya J. Res. Account., vol. 1, no. 2, pp. 08–17, 2018, doi: 10.37888/bjra.v1i2.78.

F. Meissy, “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kedai 27 Di Surabaya,” J. AGORA, vol. 7, no. 1, 2019.

S. Meutia and R. Widiayanti, “Pengaruh Pelatihan Marketing Strategy and Consultative Selling Terhadap Kinerja Karyawan Departemen Pemasaran Di Pt Pupuk Iskandar Muda,” Ind. Eng. J., vol. 8, no. 1, pp. 41–48, 2019, doi: 10.53912/iejm.v8i1.380.

M. Vi, P. Analisis, R. Untuk, and A. Pendahuluan, “Modul vi. penggunaan analisis regresi untuk mengolahan data pertanahan,” pp. 126–156, 2017.

I. Machali, Metode Penelitian Kuantitatif, no. April. 2021.

H. Puspasari and W. Puspita, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19,” J. Kesehat., vol. 13, no. 1, p. 65, 2022, doi: 10.26630/jk.v13i1.2814.

P. Penerapan, S. Operasional, P. Dan, S. Artha, and R. Intan, “Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor Pt. Dua Kuda Indonesia,” J. Ilm. M-Progress, vol. 11, no. 1, pp. 38–47, 2021, doi: 10.35968/m-pu.v11i1.600.

Setiawati, “Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi di BEI,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 8, pp. 1581–1590, 2021.

D. S. Purba, W. J. Tarigan, M. Sinaga, and V. Tarigan, “Pelatihan Penggunaan Software SPSS Dalam Pengolahan Regressi Linear Berganda Untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Di Masa Pandemi Covid 19,” J. Karya Abadi, vol. 5, pp. 5–24, 2021.

T. N. Padilah and R. I. Adam, “Analisis Regresi Linier Berganda Dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi Di Kabupaten Karawang,” FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 5, no. 2, p. 117, 2019, doi: 10.24853/fbc.5.2.117-128.

R. Y. A. Putro and M. Kamal, “Analisis Pengaruh Brand Reputation, Brand Competence, dan Brand Liking Terhadap Trust In Brand Pada Konsumen Windows Phone Nokia di Surabaya,” vol. 10, no. 2, pp. 178–185, 2013, doi: 10.14710/jsmo.v10i2.5916.

I. Rahmawati and R. Illiyin, “Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Hp Oppo,” J. Ilm. Hosp., vol. 10, no. 1, pp. 103–112, 2021.

R. Magdalena and M. Angela Krisanti, “Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk.,” J. Tekno, vol. 16, no. 2, pp. 35–48, 2019, doi: 10.33557/jtekno.v16i1.623.




DOI: https://doi.org/10.53912/iej.v12i2.1142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.