ANALISIS PENJADWALAN PERSEDIAN BAHAN KIMIA BOILER COMPOUND; KALGEN-121 MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMEN PLANNING DI PT PUPUK ISKANDAR MUDA

Bakhtiar Bakhtiar, Aini Aini

Abstract


PT Pupuk Iskandar Muda atau biasa disebut PT PIM adalah anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang industri kimia khususnya memproduksi pupuk urea , amoniak , NPK dan Polivit. Dalam menjalankan produksinya, PT Pupuk Iskandar Muda sering mengalami kekurangan atau pun kelebihan bahan baku terutama pada material Boiler Compound;Kalgen-121. Hal ini terjadi karena masih dilakukan berdasarkan perkiraan dan tidak berdasarkan perhitungan pasti kebutuhan bahan baku yang akan digunakan di lapangan. MRP (Material Requirement Planning) adalah suatu konsep yang membahas cara yang tepat dalam perencanaan kebutuhan barang dalam proses produksi, sehingga barang yang dibutuhkan dapat tersedia sesuai dengan yang direncanakan. penggunaan metode material requirement planning untuk mendapatkan biaya optimum dalam persediaan bahan baku. Dalam suatu proses MRP, terdapat berbagai macam penentuan teknik lot sizing yang diterapkan, sebab proses lotting ini merupakan salah satu fundamen yang penting dalam suatu sistem rencana kebutuhan bahan. Adapun teknik lot sizing yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik economic order quantity. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa jumlah pembelian untuk bahan baku material Boiler Compound;Kalgen-121 menggunakan economic order quantity biaya set up yang dikeluarkan adalah Rp. 273.600,83 sedangkan biaya penyimpanan yang dikeluarkan adalah Rp. 274.196,475 sehingga total biaya yang dihasilkan adalah Rp. 547.797.308.


Keywords


Material Requirement Planning, Lot Sizing, Economic Order Quantity

Full Text:

PDF

References


A. Karuniawan and G. Ramayanti, Optimalisasi Sistem Persediaan Bahan Baku Natrium Persulfate Dengan Metode Lot Sizing. Serang: SENASSET , 2015.

I. M. Gani and M. E. Saputri, “ANALISIS PERAMALAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE EOQ PADA OPTIMALISASI KAYU DI PERUSAHAAN PUREZENTO,” E-Proceeding of Management, vol. 2, pp. 1–10, Aug. 2015.

D. R. Indah and E. Rahmadani, “Sistem Forecasting Perencanaan Produksi dengan Metode Single Eksponensial Smoothing pada Keripik Singkong Srikandi Di Kota Langsa,” 2018.

M. Arif, S. Supriyadi, and D. Cahyadi (Universitas Serang Raya), “Analisis Perencanaan Persediaan Batubara FX Dengan Metode Material Requirement Planning,” JURNAL MANAJEMEN INDUSTRI DAN LOGISTIK, vol. 1, no. 2, p. 148, Dec. 2017, doi: 10.30988/jmil.v1i2.25.

C. Lois, J. Rowena, and H. Tannady, “Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Benang dengan Lot Sizing Economic Order Quantity Sewings Raw Material’s Inventory Planning and Control using Economic Order Quantity Lot Sizing,” Journal of Industrial Engineering and Management Systems, vol. 10, no. 2, 2017, [Online]. Available: http://journal.ubm.ac.id/index.php/jiems|111




DOI: https://doi.org/10.53912/iej.v12i2.1119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.