PEMILIHAN SUPPLIER KEDELAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) DI UD. PQRS

Zahira Munawarah, Muhammad Zakaria, Bakhtiar Bakhtiar

Abstract


UD. PQRS merupakan usaha yang bergerak dibidang produksi tempe. Bahan baku utama yang digunakan yaitu kedelai. Persaingan di dunia industri semakin sengit seiring berjalannya waktu, hal ini membuat para pelaku usaha memiliki target untuk memenuhi keinginan konsumen agar semakin banyak peminatnya, sehingga proses produksi dari suatu usaha dapat semakin berkembang. Pada persaingan antar pelaku usaha, tentu hal terpenting dan sangat berpengaruh dalam suatu kegiatan proses produksi adalah adanya ketersediaan bahan baku.Dalam proses pemesanan kedelai dari supplier yang ada, usaha pernah mengalami keterlambatan pengiriman bahan baku hingga 2 hari, harga yang kompetitif, kualitas kedelai yang dikirim tidak sesuai harapan dan jumlah bahan baku yang dikirim tidak sesuai pesanan. Permasalahan-permasalahan tersebut dapat mengakibatkan terhambatnya kegiatan proses produksi dan tidak berjalan secara optimal, dengan demikian perusahaan diharapkan lebih selektif dalam menentukan supplier sebagai mitra dalam berbisnis. Pemilihan Supplier merupakan permasalahan bersifat kompleks dengan multi-kriteria yang meliputi faktor-faktor kuantitatif dan kualitatif. Metode yang dapat digunakan untuk pemilihan Supplier yaitu AHP (Analytical Hierarchy Process). Faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh perusahaan ini yaitu harga, kualitas, pengiriman dan feedback. AHP digunakan untuk memberikan usulan prioritas supplier yang tepat untuk memenuhi kebutuhan baku baku utama di UD. PQRS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas Supplier kedelai utama yaitu PT. A dengan nilai bobot 0,30, kemudian prioritas kedua yaitu PT. D dengan nilai bobot 0,28, kemudian PT. C dengan nilai bobot 0,24 dan yang terakhir yaitu PT. B dengan nilai bobot 0,18. Berdasarkan hasil perhitungan pemilihan Supplier kedelai didapat hasil bahwa bobot memiliki nilai CR tidak >10%, sehingga perhitungan yang dihasilkan telah konsisten dan valid.


Keywords


Analytical Hierarchy Process, Pemilihan Supplier, Pengambilan Keputusan Multikriteria

Full Text:

PDF

References


N. Destiana, “Supplier atau Pemasok: Pengertian, Jenis dan Contohnya,” 2022.

Gramedia, “Pengertian Bahan Baku dan Jenis-jenisnya,” 2021.

N. Andarwulan et al., “Pengaruh Perbedaan Jenis Kedelai terhadap Kualitas Mutu Tahu,” J. Mutu Pangan, vol. 5, no. 2, pp. 66–72, 2018.

D. A. K. Wardhana and H. Prastawa, “Analisis Pemilihan Supplier Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process,” 2016.

W. Junita, “Analisis Beban Kerja Dengan Pendekatan Metode Full Time Equivalent (FTE) (Studi Kasus: CV. Roland Kencana Pasir Sebelah, Padang),” Yayasan Muhammad Yamin Pang, 2019.

Caesarvery, “Sains, Teknologi dan Ekonomi Bisnis,” 2018.

I. Masudin, M. Galuh, and F. Ayni, “Pengambilan Keputusan Multi Kriteria : Kajian Teoritis Metode dan Pendekatan Dalam Pemilihan Pemasok,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 6869, 2017, doi: 10.23917/jiti.v17i1.5389.

R. Wulandari, “Pemilihan Supplier Bahan Baku Partikel Dengan Metode AHP Dan Promethee,” J. Tek. Ind., vol. 16, no. 1, pp. 22–30, 2015.

J. Purwohandoyo and M. I. Sadali, Aplikasi Decision Support System (DSS) Dalam Pembangunan Wilayah. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Goegrafi (BPFG), 2018.

H. Wardana, Irwansyah, and A. R. Hakim, “Implementasi Metode AHP Pada Pemilihan Sekolah Terbaik Di Kota Samarinda,” JUST TI, vol. 10, no. 2, pp. 1–6, 2018.

A. Supriadi, A. Rustandi, D. H. L. Komarlina, and G. T. Ardiani, Analytical Hierarchy Process ( AHP ). Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2018.

Y. Dahliani and R. H. Ahwal, “Kajian Pengaruuh Kualitas Produk , Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Gieselin Food Sukser Makmur Di Jember,” J. Inov. Penelit., vol. 2, no. 1, pp. 181–190, 2021.

L. Indriyatni, “Analisis Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RSU. Ungaran Di Kabupaten Semarang,” J. STIE Semarang, vol. 3, no. 2, pp. 1–14, 2011.

N. Rizqiyah, “Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Industri Villatas Jaya Nusawungu),” J. Manaj. dan Ekon., vol. 4, no. 2, pp. 178–191, 2021.

I. Faozi and S. Handayani, “Analisa Keputusan Pembelian Yang Dipengaruhi Harga Promosi dan Kualitas Pelayanan Pada PT. Bina Pertiwi Semarang,” J. Ekon. Manaj. dan Akunt., no. 47, pp. 44–52, 2019.

R. Kumalasari, “Serba-Serbi Pengiriman Barang Yang Perlu Kamu Tahu,” 2022.

A. Putri and S. Wasiyanti, “Pemilihan Jasa Pengiriman Barang Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” vol. 6, no. 1, 2020.

V. K. M. Putri, “Feedback (Umpan Balik): Pengertian dan Jenisnya dalam Komunikasi,” 2022.

M. A. Umaindra, D. Pujotomo, and P. A. W, “Perancangan Model Pemilihan Supplier Produk Cetakan Dengan Menggunakan Grey Based Topsis (Studi Kasus: Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang),” J. Tek. Ind., vol. 13, no. 2, pp. 99–108, 2018.

M. Darwin et al., Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2021.




DOI: https://doi.org/10.53912/iej.v12i2.1118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.