PENGARUH FASILITAS WISATA, DAYA TARIK WISATA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA PANTAI UJONG BLANG LHOKSEUMAWE
DOI:
https://doi.org/10.29103/e-mabis.v23i2.861Keywords:
Fasilitas Wisata, Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan, Kepuasan PengunjungAbstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh fasilitas wisata, daya tarik wisata dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung wisata Pantai Ujong Blang Lhokseumawe. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Jumlah Responden 85 orang menggunakan teknik Acidental Sampling. Uji hipotesis menggunakan uji parsial dan uji simultan. Secara parsial fasilitas wisata berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung Wisata Pantai Ujong Blang, daya tarik wisata mempengaruhi kepuasan pengunjung Wisata Pantai Ujong Blang dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung Wisata Pantai Ujong Blang Kota Lhokseumawe. Diharapakan kepada Pemerintah Daerah lebih memperhatikan kondisi Daerah Wisata Pantai Laut Ujung Blang, melalui tata kelola wisata dengan meningkatkan fasilitas wisata dan pelayanan agar minat pengunjung wisata lebih tinggi sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan Ekonomi daerah serta meningkatkan pendapatan masyarakat dilingkungan wisata Pantai Laut Ujung Blang Kota Lhokseumawe.References
Alvianna (2017) Analisis Pengaruh Harga, Produk, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Taman Wisata Air Wendit Kabupaten Malang.
Arikunto, S (2013). Prosedur Penelitian,Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:PT. Bineka Cipta.
Eka Rosidah Aprillia, Sunarti, Edriana Pengestu (2017) Pengaruh Daya TarikWisata terhadapKepuasan Wisata Balai Tambang Kabupaten Malang, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB/vol 51 no.2 Oktober 2017
Gamal. (2014). Pengantar Pariwisata. Jakarta: Grasindo.
Gita Ayu Mawarni Lestari, Sudarjati,Samsuri (2021), Pengaruh Kualitas Pelayananterhadap Kepuasan Pengunjung Taman Wisata, Jurnal Visionida, Volumen 7 Nomor 1 Juni 2021
Gusneli (2016), Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Ke Objek Wisata Air Terjun Bayang Sani Kabupaten Pesisir Selatan. Program Studi Manajemen Perhotelan. Fpp Universitas Negeri Padang
Https://aceh .antaranews.com, berita 14 Nopember 2020, diunduh 5 Maret 2022.
Irawan (2015) Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Objek Wisata Teluk Kiluan).
Juli Malinda (2020) Pengaruh Daya Tarik dan Fasilitas Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan Danau Siombak di Kota Medan.
Kotler, P, dan Amstrong. (2015). Manajemen Pemasaran, terjemahan Hendra Teguh. edisi keduabelas. cetakan kedua. Penerbit : Prenhalindo. Jakarta
Lupiyoadi, dan A. Hamdani. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi. Kedua. Jakarta; Salemba Empat
Muzakki Ahmad. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Harga Dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Undip. Semarang
Nita Apriwanti, Silfeni, Hijriyantomi (2016), Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Musium Adityawarman.
Novita Rifaul Kirom (2016), Pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan (Studi Kasus Pinpes Biharu Bahir Asali Fadhoilir Rohmah Turen Malang JawaTimur.
Ratmiko dan Atik (2013), Fasilitas –Fasilitas Wisata, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Rosita, Sri MArhanah, Woro Hanoum Wahadi (2016) Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjunng di Taman Marga Satwa Ragunan Jakarta.
Siti Fatimah, Oda I.B.Hariyanto (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Objek Wisata Situ Patenggang, Jurnal Parawisata P-ISSN:2355-6587, E-ISSN:2528-2220
Siti Rohmah, Wahyu, Sri Haryati, Teguh Satya Witri (2015) Pengaruh Fasilitas terhadap Kepuasan Pengunjung pada Hairos Water Park
Soetomo. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Saputra (2013), Fasilitas wisata, Yogyakarta: Kanisius
Sugiyono. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABET Setiadi,
Theofilia Limaro Cristian Zai (2017) Pengaruh Daya Tarik Wisata, Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Minat berkunjung ulang dengan kepuasan wisatawan sebagai variable mediasi pada Objek wisata Nias Selatan Propinsi Sumatera Utara (USU)
Tjiptono, F. (2017). Strategy Pemasaran. Penerbit Andi. Yogyakarta. Tjiptono,
Wahadi, dan Rosita (2016) Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).