PENGARUH MOTIVASI HEDONIS, MATERIALISME, DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF
DOI:
https://doi.org/10.29103/e-mabis.v23i2.857Keywords:
motivasi hedonisme, materialisme, gaya hidup belanja, pembelian impulsifAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh variabel motivasi hedonisme, materialisme, dan gaya hidup belanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Populasi penelitian ini ialah Mahasiswa pelanggan marketplace Shopee dengan sampel sebanyak 100 responden menggunakan teknik purposive sampling. Data primer menggunakan kuesioner dan data sekunder berdasar riset kepustakaan. Hasil penelitian mendapatkan: uji instrument menunjukkan semua indikator valid dan semua variabel reliable. Uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan ketiga variabel bebas dapat mempengaruhi keputusan pembelian, yaitu 59,8% persen. Uji F menampilkan model regresi layak sebagai model penelitian. Hasil uji t dan koefisien regresi menjelaskan, bahwa semua variabel motivasi hedonisme, materialisme, dan gaya hidup belanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada mahasiswa pelanggan marketplace Shopee di SemarangReferences
Astari, D. A. C., & Nugroho, C. (2018). MOTIVASI PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE SHOPPING PADA INSTAGRAM (Analisis Deskriptif Motivasi Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Online Pada Instagram). Jurnal Signal, 6(1), 116-134. Anggriani, R., & Athar, H. S. (2017). PENGARUH SIFAT MATERIALISME, MOTIVASI HEDONIK TERHADAP IMPULSIVE BUYING DAN KECENDERUNGAN COMPULSIVE BUYING SECARA ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MATARAM. JMM UNRAM-MASTER OF MANAGEMENT JOURNAL, 6(2). Belk, R. W. (1985). Materialism: Trait aspects of living in the material world. Journal of Consumer research, 12(3), 265-280. Darma, L. A., & Japarianto, E. (2014). Analisa pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying dengan shopping lifestyle dan positive emotion sebagai variabel intervening pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 80-89. Guharati, D.N. (2010). Dasar-Dasar Ekonometrika. Edisi 5. Jakarta. Salemba Empat. Ghozali, Imam. (2005). Metodelogi Penelitian Bisnis. Jakarta. Salemba Empat. Harahap, D. A. (2018). Perilaku belanja online di Indonesia: Studi kasus. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193-213. Husein, Umar. (2017). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. Raja Grasindo Persada. Husna, A. N. (2015). Orientasi Hidup Materialistis dan Kesejahteraan Psikologis. In Seminar Psikologi & Kemanusiaan (pp. 1-11). Iqbal, N., & Aslam, N. (2016). Materialism, Depression, and Compulsive Buying among University Students. International Journal of Indian Psychology, 3(2), 91-102.
Japarianto, E., & Sugiharto, S. (2012). Pengaruh shopping life style dan fashion involvement terhadap impulse buying behavior masyarakat high income surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1), 32-41.
Kusumadewi, R. N. (2020). Pengaruh Motivasi Hedonis, Browsing dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Pembelian Impulsif Di Online Shop (Studi Pada Mahasiswa Universitas Majalengka). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 31-49. Listriyani, L. (2019). The Role of Positive Emotion in Increasing ImpulseBuying. Management Analysis Journal, 8(3), 312-320. Lumintang, f. F. (2012). PENGARUH HEDONIC MOTIVES TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI BROWSING DAN SHOPPING LIFESTYLE PADA ONLINE SHOP. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(6).
Miranda, Y. C. (2016). Kajian Terhadap FaktorYang Mempengaruhi Impulse Buying Dalam Online Shopping. Competence: Journal of Management Studies, 10(1).
Monika, Y. (2020). PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING LIFESTYLE SEBAGAI MODERATOR PADA ONLINE SHOP CHOCOCHIPS. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 10. Moran, B. (2015). Effect of stress, materialism and external stimuli on online impulse buying. Journal of Research for Consumers, (27), 26. Mulyono, F. (2011). Materialisme: Penyebab dan konsekuensi. Bina Ekonomi, 15(2)
Nuryani, N., & Martini, N. (2020). PENGARUH MOTIVASI HEDONIS DAN KETERLIBATAN FASHION TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF SECARA ONLINE DI INSTAGRAM. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(2), 108-115.
Puspitasari, I., & Maftukhah, I. (2019). Created Impulse Buying by Shopping Lifestyle. Management Analysis Journal, 8(4), 406-413.
Prawira Laksana, K. A., & Suparna, G. Peran Motivasi Hedonis Memediasi Pengaruh Sifat Materialisme terhadap Perilaku Pembelian Impulsif secara Online (Doctoral dissertation, Udayana University). Ratih, I. A. T., & Astiti, D. P. (2016). Pengaruh motivasi hedonis dan atmosfer toko terhadap pembelian impulsif pada remaja putri di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 209-219.
Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative influences on impulsive buying behavior. Journal of consumer research, 22(3), 305-313. Sampurno, T. P., & Winarso, W. (2015). Pengaruh Motivasi Hedonis, Browsing dan Gaya Belanja Terhadap Pembelian Impulsif Pada Toko Online Shop (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis, 6(1), 255-270. Sahetapy, W. L., Kurnia, E. Y., & Anne, O. (2020). The Influence of Hedonic Motives on Online Impulse Buying through Shopping Lifestyle for Career Women. In SHS Web of Conferences (Vol. 76, p. 01057). EDP Sciences. Sari, D. M. F. P., & Pidada, I. A. I. (2020). Hedonic shopping motivation, shopping lifestyle, price reduction toward impulse buying behavior in shopping center. International Journal of Business, Economics and Management, 3(1), 48-54.
Schiffman, L. dan L. L. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi ke tujuh. Jakarta: PT Indeks
Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia. Tirmizi, M. A., Rehman, K. U., & Saif, M. I. (2009). An empirical study of consumer impulse buying behavior in local markets. European journal of scientific research, 28(4), 522-532. Tupamahu, F. A. S., & Balik, D. (2020). Efek Moderasi Kontrol Diri pada Hubungan Sifat Materialisme Terhadap Pembelian Impulsif Online. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 1(2), 115-136.
Utami, C. W. 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Usvita, M. (2016). Pengaruh Hedonic Shopping Value, Shopping Lifestyle dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Pada Plaza Andalas Padang. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 4(1), 71-75.
Winatha, R. G., & Sukaatmadja, I. P. G. (2014). Pengaruh Sifat Materialisme dan Kecanduan Internet Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Secara Online. E-Jurnal Manajemen, 3(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).