PENGARUH KOMPETENSI SDM DAN KEPEMIMPINAN KHARISMATIK TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN PADA PONDOK PESANTREN DI KABUPATEN BIREUEN

Fikri Rijal, Damanhur Damanhur, Naz’aina Naz’aina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan kepemimpinan karismatik terhadap akuntabilitas keuangan pada pondok pesantren di Kabupaten Bireuen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner yaitu menyebarkan daftar pertanyaan kepada 98 responden di pondok pesantren di Kabupaten Bireuen. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui berita online, artikel dan sumber berita lainnya yang berkaitan dengan data yang dibutuhkan. Selain itu, peneliti juga melakukan observasi (observasi). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode struktural berdasarkan varians yaitu Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia dan kepemimpinan karismatik berpengaruh positif terhadap akuntabilitas keuangan pondok pesantren di Kabupaten Bireuen

Keywords


akuntabilitas keuangan pesantren, kepemimpinan kharismatik, sumber daya manusia

Full Text:

PDF

References


A.S Ruky. (2003). Sumber Daya Manusia Berkualitas Mengubah Visi Menjadi Realitas: Pendekatan Micro Praktis untuk Memperoleh dan Mengembangkan Sumber Daya Manusia Berkualitas dalam

Organisasi. Gramedia Pustaka Utama.

Ahyar, M. K. (2020). Tantangan Pondok Pesantren Menuju Lembaga Pendidikan Islam yang Akuntabel. JIFA (Journal of Islamic Finance and Accounting), 3(1).

Allama. (2012). Pengaruh motivasi kerja islam dan budaya kerja islam terhadap produktivitas kerja

karyawan baitul mal wat tamwil (BMT) di kudus. In Skripsi. IAIN Walisongo.

Anisah, S. (2014). PENGARUH MOTIVASI KERJA ISLAMI DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BMT HARAPAN UMMAT KUDUS. Skripsi.

Azmi, M. F. (2015). Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Tingkat Bagi Hasil, Sertifikat Wadiah Bank Indonesia Terhadap Pembiayaan Pada Bank Syariah. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 28(1), 175–184.

Bukit, B. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Zahir Publishing.

Haryono, S. (2017). Metode SEM untuk Penelitian Bisnis: AMOS, LISREL, PLS. Luxima Metro Media.

Hwang, K. (2013). The Impact of Accountability and Accountability Management on Performance at the Street Level (Disertasi). Virginia Polytechnic Institute and State University.

Imam Ghozali, H. L. (2015). Partial Least Squares. Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.

Indriasari, N. (2008). Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terdapat Kinerja Karyawan (Studi pada PT.Surabaya Agung Industri Pulp & Kertas).

Liu, Y., & Tsyvinski, A. (2018). Risks and returns of cryptocurrency. Working paper. NBER Working Paper, 24877, 1–68. http://www.nber.org/papers/w24877

Matindas, dan Rudolf, W. (2002). Manajemen SDM Lewat Konsep Ambisi, Kenyataan, dan Usaha (II). Grafiti.

Murdayanti, Y., Puruwita, D., Ekonomi, F., & Jakarta, U. N. (2019). AKUNTABILITAS PESANTREN. 7(1), 19–29.

Nikmatuniayah. (2018). Penerapan Teknologi Laporan Keuangan Berdasarkan SAK Etap dan PSAK 45 IAI Pada Yayasan Daruttaqwa Kota Semarang. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi Dan Humaniora,

–280.

Pratiwi, A., & Sudaryanto, A. (n.d.). ACCEPTANCE OF MUSIC STIMULATION THERAPY FOR AUDITORY ( Tingkat Penerimaan Terapi Stimulasi Suara pada Pasien Halusinasi Dengar ).

Randa, F.,Triyuwono, L.,Ludigdo, U.,& Sukoharsono, E. . (2011). Studi Etnografi; Akuntabilitas Spiritual pada Organisasi Gereja Khatolik yan Terinkulturasi Budaya Lokal. Jurnal Akuntansi Paradigma. Jurnal AKuntansi Paradigma, 2 (1), 35–51.

Robbins, S. P. D. T. A. J. (2013). Organizational Behavior. Pearson International Edition.

Ropiyantie, D. (2012). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Keungan Daerah terhadap Kualitas laporan Keuangan Daerah (Survei pada Organisasi Perangkat

Daerah (OPD) Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Accounting, 1(1).

Seftyono, C., Arumsari, N., Arditama, E., & Luthfi, M. (2016). Kepemimpinan Desa dan Pengelolaan Sumber Daya Alam. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 6(2), 60–70.

Sugiyono. (2014). Business Research Methods: Qualitative, Quantitative, Dan R&D. Alfabeta.

Sulistyani, A. . (2011). Memahami Good Governance: Dalam Perspektif Sumber Daya Manusia. Gaya Media.

Tucuan, R. J. A., W. G. Supartha, dan I. G. R. (2014). MOTIVASI DAN KINERJA KARYAWAN ( Sudi Kasus Pada Pengaruh Kepemimpinn Transformasional teerhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan. EJurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 3(9), 533–550.

Usman, M. I. (2013). PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, dan Perkembangannya Masa Kini). Jurnal Al Hikmah, XIV, 101–119.




DOI: https://doi.org/10.29103/e-mabis.v23i1.801

Copyright (c) 2022 Fikri Rijal, Damanhur Damanhur, Naz’aina Naz’aina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.