EFEKTIITAS MEDIA SOSIAL DAN ANGGARAN BIAYA TERHADAP KINERJA BISNIS DI PERUSAHAAN DROPSHIP DI WILAYAH SURAKARTA DENGAN PEMASARAN BERBASIS OUTPUT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Perusahaan Dropship di Wilayah Surakarta)

Aris Tri Haryanto, Septiana Novita Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui secara empiris dan menganalisis pengaruh media sosial dan anggaran biaya terhadap pemasaran berbasis output Perusahaan Dropship di wilayah Surakarta. Mengetahui secara empiris dan menganalisis pengaruh media sosial, anggaran biaya dan pemasaran berbasis output terhadap kinerja bisnis Perusahaan Dropship di wilayah Surakarta. Dalam penelitan ini yang menjadi populasi adalah Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Dropship di wilayah Surakarta yang tergabung pada komunitas toko online sejumlah 40 perusahaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh atau sensus yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil kesimpulan dalam penelitian ini adalah Media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemasaran berbasis output. Anggaran biaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemasaran berbasis output. Media sosial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja. Anggaran biaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Pemasaran berbasis output berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Dari analisis jalur diketahui jalur langsung anggaran biaya berpengaruh terhadap kinerja, merupakan jalur yang dominan atau efektif untuk meningkatkan kinerja

Keywords


Media Sosial; Anggaran Biaya; Pemasaran Berbasis Output; Kinerja Bisnis

Full Text:

PDF

References


Agarwal, D. 2017. An empirical investigation of the impact of advanced manufacturing technology on business performance. Unpublished Ph.D. Thesis, City University of New York, New York.

Arsyad, Lincolin. 2008. Ekonomi Manajerial – Ekonomi Mikro Terapan Untuk Manajemen Bisnis Edisi 4. Yogyakarta : BPFE

Ekerson, 2017. Pengertian Manajemen Kinerja Bisnis (Business Performance Management). Jakarta : Salemba Empat.

Fatih & Dastan 2013, The Impact of Social Media-Focused Information & Communication Technologies on Business Performance via Mediating Mechanisms: An Exploratory Study on Communication and Advertising Agencies in Turkey. International Journal of Business and Management; Vol. 8, No. 7; 2013 ISSN 1833-3850 E-ISSN 1833-8119.

Garrison, Ray H, Eric W. Noreen, 2012. Akuntansi Manajerial. Jakarta : Salemba Empat

Gray, J. B., Matear, S. M., & Matheson, P. K. 2000. Improving the performance of hospitality firms. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 12(3), 149-155.

Hansen Don R, Maryanne M. Mowen. 2010. Akuntansi Manajemen. Edisi Kedua.(Diterjemahkan oleh: A. Hermawan). Penerbit Erlangga. Jakarta.

Haryanto AT and Dewi SN, 2017. Dampak Loyalitas konsumen dengan kualitas Barang dan strategi Harga pada Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Alfa Mart di Wilayah Surakarta). Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, V. 5, (2), 161-167.

Haryanto AT and Haryono T, 2015. The Influence Of Market Orientation On Innovation Type and Enterprise Performance. Polish Journal Of Management Studies. Vol. 11 (1), 68-77.

Haryanto AT and Haryono T, Sawitri HSR. 2017. Market Orientation, Learning Orientation and SMES Performance: The Mediating Role Innovation. International Review Of Management and Marketing. Vol.71 (1), 484-491.

İraz, R. 2004. Organizasyonlarda karar verme ve iletişim sürecinin etkinliği bakımından bilgi teknolojilerinin rolü. Selçuk Üniversitesi Sosyal Bilimler Enstitüsü Dergisi, 11, 407-422.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2009). Users of the world, unite! the challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Kare-Silver, M. 2011. e-shock 2020: how the digital technology revolution is changing business and all our lives. Palgrave Macmillan, New York.

Kietzman, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., & Silvestre, B. S. 2011. Social media? get serious! understanding the functional building blocks of social media. Business Horizons, 54(3), 241-251.

Koening, W., Wigand, R. T. & Backs, R. 2004. Globalization and e-commerce: diffusion and impact of the internet and e-commerce in Germany. Center for Research on Information Technology and Organizations, University of California, July 2004, pp. 1-65.

Kohli, A. K., & Jaworski, B. J. 2009. Market orientation: the construct, social media, research propositions, and managerial implications. Journal of Marketing, 54(2), 1-18.

Kraemer, K., & Dedrick, J. 2016. IT and economic development: international competitiveness. In Dutton, W.

Kuspuji 2013, Mengukur Efektivitas Social Media Dan Angaran Biaya Terhadap Kinerja Bisnis Perusahaan Media Cetak Di Surakarta. Binus Business Review Vol. 4 No. 1 Mei 2013: 551-564

Laudon, K. C., & Laudon, P. J. 2011. Management information systems: managing the digital firm. Prentice Hall, New Jersey

Lee, J., & Bose, U. 2002. Operational linkage between diverse dimensions of Information Technology investments and multifaceted aspects of a firm’s economic performance. Journal of Information Technology, 17, 119-131.

Molina, E. S. 2003. Evaluating IT investments: a business process simulation approach. Stockholm: Royal Institute of Technology.

Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya, edisi ke-6. Yogyakarta: STIE YKPN

Simamora, Hendri, 2012. Akuntansi Manajemen, Edisi kedua. Yogyakarta: UPP AM YKPN.

Social Security Institute. 2010. SGK 2010 İstatistik Yıllığı. Retrieved from

Sullivan, G., Fitzgerald, J. & Djokic, B. 2011. Market orientation and business performance: the point of diminishing returns in community banks. Singidunum Rejiva, 8(2), 1-4.

Supriyono, R.A. 2012. Akuntansi Biaya : Perencanaan dan Pengendalian Biaya, Serta Pembuatan Keputusan. Yogyakarta : Liberty.




DOI: https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i2.500

Copyright (c) 2020 Aris Tri Haryanto, Septiana Novita Dewi