KOPI PAPUA: STRATEGI PEMBERDAYAAN ORANG ASLI PAPUA DALAM INDUSTRI KREATIF DI ERA OTSUS PAPUA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Perdagangan Republik Indonesia. 2008.
Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025: Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2025. Jakarta: Departemen Perdagangan.
Departemen Perdagangan Republik Indonesia. 2009.
Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2010-2014. Jakarta: Departemen Perdagangan.
Kasmir. 2016. Kewirausahaan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Kuncoro, Mudrajad. 2004. Otonomi Dan Pembangunan Daerah: Reformasi, Perencanaan, Strategi, dan Peluang. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Marit, Lenny Elisabeth. 2017. “Toponimi Badan Usaha di Era Otsus Papua: Analisis Nilai Ekonomi, Sosial-Budaya, dan Politik di Kota Jayapura” dalam Melanesia: Jurnal Ilmiah Kajian Kajian Bahasa dan Sastra, Volume 01 No. 02, Februari 2017, Hlm. 1-14.
Manokwari: JSI FSB UNIPA dan APBL Papua Barat.
Gitosaputro, Sumaryo dan Kordiyana K Rangga. 2015.
Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat : Konsep, Teori dan Aplikasinya di Era Otonomi Daerah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Meganingrum, Riska dan Nailul Faziah. 2017. “Hubungan Antara Identitas Sosial Dengan kecenderungan Perilaku Konsumtif Pada Penggemar Batu Akik dan Batu Muliadi Semarang” dalam Jurnal Empati, Volume 6, No.1 , Januari 2017, Halaman 365-373.
Panggabean, Edi. 2011. Buku Pintar Kopi. Jakarta: Agromedia Pustaka.
Suparwoko. 2010. “Pengembangan Ekonomi Kreatif Sebagai Pengerak Industri Parawisata” dalam Prosiding Simposium Nasional 2010: Menuju Purworedjo Dinamis dan Kreatif, p.52-66.
Samsul, Inosentius. 2007. Analisis Yuridis Proteksi Terhadap Orang Asli Papua di Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam. Laporan Penelitian Bidang Hukum P3DI. Jakarta: Setjen DPR RI.
Peraturan Perundang-Undangan
Indonesia, Undang-Undang tentang Otonomi Khusus Papua, Undang-Undang No. 21 Tahun 2001, Tambahan Lembaran Negara No.135.
DOI: https://doi.org/10.29103/e-mabis.v20i2.289
Copyright (c) 2019 Elisabeth Lenny