Analisis Penggunaan Qris Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM

Authors

  • Nadhifa Alifia Pancasila University
  • Erwin Permana Pancasila University
  • Harnovinsah Harnovinsah Pancasila University

DOI:

https://doi.org/10.29103/e-mabis.v25i1.1273

Keywords:

Transaksi, QRIS, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan Analisis Penggunaan QRIS Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian bersumber dari hasil penelusuran dari berbagai sumber terpercaya antara lain website resmi, literatur akademis, tesis, dan jurnal ilmiah nasional yang relevan dengan topik penelitian. Setelah dilakukan analisa dan pembahasan secara menyeluruh mengenai dampak QRIS terhadap peningkatan pendapatan UMKM, dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan jumlah pengguna QRIS serta volume dan nominal transaksi per merchant berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan UMKM. Tren ini tidak hanya terjadi di wilayah Jabodetabek dan Pulau Jawa saja, melainkan terjadi secara nasional di seluruh Indonesia. Peningkatan pendapatan dari QRIS tidak lepas dari kemudahan yang ditawarkan kepada UMKM yang tidak perlu lagi melakukan investasi besar dalam pembuatan kode QR untuk berbagai platform pembayaran. Dengan QRIS, mereka dapat menerima pembayaran dari berbagai bank dan penyedia pembayaran digital. Selain itu, peningkatan pendapatan juga disebabkan oleh kemampuan QRIS dalam melayani pelanggan dari semua kelompok umur, karena generasi muda cenderung lebih menyukai metode pembayaran digital dibandingkan transaksi tunai.

References

Adetia, S. N. (2023). Analisis Perbandingan Keberhasilan Umkm Di Purbalingga Sebelum Dan Setelah Menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, ii - 78.

Ahdiat, A. (2022, October 31). Merchant QRIS di Jakarta Mayoritas Usaha Mikro. From databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/31/merchant-qris-di-jakarta-mayoritas-usaha-mikro

Ahdiat, A. (2024, January 29). Dampak Penggunaan Platform Digital menurut Responden UMKM (Desember 2023). From databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/29/dampak-digitalisasi-bagi-umkm-mayoritas-positif

Alfira, M. T., & Susilo. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Umkm Menggunakan Qris Dan Pengaruhnya Terhadap Penghasilan Umkm Di Pasar Rakyat Kota Malang. Contemporary Studies In Economic, Finance And Banking, 544-558.

Anggreani, W. P., Wolor, C. W., & Marsofiyati. (2023). Analisis Penerapan Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Kantin Baru Universitas Negeri Jakarta. SANTRI : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 58-71.

ASPI. (2023, December 31). Statistik QRIS. From ASPI : Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia: https://www.aspi-indonesia.or.id/statistik-qris/#

Carera, W. B., Gunawan, D. S., & Fauzi, P. (2022). Analisis Perbedaan Omset Penjualan Umkm Sebelum Dan Sesudah Menggunakan Qris Di Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA), 48-57.

Erika, S., Wahyudi, M. R., Maharani, N. B., & Nofirda, F. A. (2023). Analisis Pembayaran dengan Menggunakan Sistem Qris Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM di Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 499-505.

Fahrudin, & Isnaini, P. L. (2023). Pengaruh Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Oleh UMKM Terhadap Pendapatan Usaha. Jurnal Manajemen Strategi dan Simulasi Bisnis (JMASSBI), 1-11.

Fauziyah, L., & Prajawati, M. I. (2023). Persepsi dan Risiko QRIS sebagai Alat Transaksi Bagi UMKM. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 1159-1164.

Ghana, I. A., & Indiani, N. P. (2023). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness terhadap Minat Konsumen Menggunakan Qris. Jurnal Ekobistek, 759-766.

Indonesia, B. (n.d.). QRIS. From Bank Indonesia: https://www.bi.go.id/QRIS/default.aspx#:~:text=Quick%20Response%20Code%20Indonesian%20Standard%20(QRIS)%20adalah%20standarisasi%20pembayaran%20menggunakan,%2C%20cepat%2C%20dan%20terjaga%20keamanannya.

Indriyani, S., & Permana, E. P. (2022). Penggunaan Media Sosial Dalam Pengembangan Pemasaran dan Strategi Promosi Pada Usaha Menengah di Kota Pangkalpinang. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 13(2). https://doi.org/10.47927/jikb.v13i2.336

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.

Permana, E., & Herlan, H. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Ukm Di Sentra Ukm Fashion Bulak Timur, Kota Depok. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 11(1). https://doi.org/10.33059/jmk.v11i1.4368

Permana, E., Santoso, R., Murdani, & Purwoko, B. (2022). Building Culinary Business Performance during the Covid-19 Pandemic: Transformational Leadership as a Trigger through Digital Capabilities. Journal of Culinary Science and Technology. https://doi.org/10.1080/15428052.2022.2040679

Rizky, M. F., & Permana, E. (2022). Analisis strategi bisnis menggunakan digital marketing pada UMKM pasca pandemi covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(2). https://doi.org/10.21067/jrpe.v7i2.6820

Soto-Acosta, P. (2020). COVID-19 Pandemic: Shifting Digital Transformation to a High-Speed Gear. Information Systems Management. https://doi.org/10.1080/10580530.2020.1814461

Utari, M. D., Rahyuda, I. K., & Giantari, I. G. A. K. (2017). Pengaruh Kepribadian Merek Terhadap Komitmen Dan Kepercayaan Merek, Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Merek. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2017.v11.i01.p06

Jayani, D. H. (2020, July 9). 3,82 Juta UMKM Sudah Mengadopsi QRIS. From databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/07/09/382-juta-umkm-sudah-mengadopsi-qris

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.

Mustajab, R. (2023, February 21). Nilai Transaksi Uang Elektronik Naik 7,98% pada Desember 2022. From DataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/keuangan/detail/nilai-transaksi-uang-elektronik-naik-798-pada-desember-2022

online, qris;. Klien Testimoni InterActive QRIS. From interactive QRIS: https://qris.online/homepage/qris-klien-testimoni

Popang, P. S., Pundissing, R., & Batara, M. (2023). Analisis Perbandingan Pendapatan Sebelum dan Setelah Menggunakan QRIS Di Pasar Seni To’pao, Kabupaten Toraja Utara. Journal Economic Excellence Ibnu Sina , 22-30.

Rokom, R. S. (2022, December 30). PPKM di Indonesia Resmi Dicabut. From Sehat Negeriku: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20221230/0042128/ppkm-di-indonesia-resmi-dicabut/

Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 287-297.

Sudyantara, S. C., & Yuwono, A. (2023). Mengelola penggunaan QRIS dan QRcode dalam meningkatkan kualitas layanan bagi UMKM. Insight Management Journal, 252-258.

Downloads

Published

2024-04-29

Issue

Section

Articles