Optimalisasi Pengelolaan Keuangan: Analisis Persepsi Kepercayaan, Manfaat, dan Kemudahan pada Minat Nasabah Menggunakan Layanan M-Banking
DOI:
https://doi.org/10.29103/e-mabis.v25i1.1272Keywords:
persepsi kepercayaan, persepsi manfaat, persepsi kemudahan, m-banking, minat nasabahAbstract
Kepercayaan, persepsi manfaat dan kemudahan pengunaan m-Banking, yang akan diteliti pengaruhnya terhadap minat nasabah di LPD Legian. Populasi memanfaatkan seluruh nasabah LPD Legian yang telah memakai aplikasi m-Banking dan sampel digunakan sebanyak 78 responden, penarikan sampel dilakukan melalui sampel jenuh. Instrumen penelitian memanfaatkan Software SPSS. Penelitian ini memperoleh bahwa persepsi kepercayaan mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap minat nasabah, lalu manfaat berdampak positif dan secara meyakinkan terhadap minat nasabah, kemudahan pengunaan berdampak positif dan secara meyakinkan terhadap minat nasabah. Variabel persepsi kepercayaan, persepsi manfaat, kemudahan pengunaan memiliki pengaruh sebesar 59,5% terhadap terhadap minat nasabah. Membangun kepercayaan pengguna dapat dengan cara membuat M-Banking sehingga dapat menjamin keamanan uang nasabah. Kemudian LPD Legian hendaknya secara berkala melakukan pembaharuan pada M-Banking agar nantinya selalu memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi penggunaReferences
Profitabilitas Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(5), 1–16. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/1738
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008
Dirwan. (2022). Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking dari Sisi Kemudahan, Manfaat dan Kenyamanan. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 323–332.
Gita, N. W., & Juliarsa, G. (2021). Persepsi Kepercayaan, Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Keamanan dan Minat Ulang Menggunakan Mobile Banking Jenius. E-Jurnal Akuntansi, 31(8), 2086. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i08.p16
Habibi, M., & Zaky, A. (2015). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Syariah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(1), 1–16. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1567
Iskandar, N. A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Nasabah Bank Syariah Indonesia Menggunakan Layanan Mobile Banking.
Nurdin, Rukma Ningrum, Sofyan Bacmid, & Abdul Jalil. (2021). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di Bank Mega Syariah Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(1), 30–45. https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i1.37.30-45
Pranoto, M. O., & Setianegara, R. G. (2020). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Semarang Pandanaran). Keunis, 8(1), 1. https://doi.org/10.32497/keunis.v8i1.2117
Putri, A., & Marlius, D. (2022). Penerapan M-Banking dalam Meningkatkan Jasa dan Layanan Perbankan di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Padang. Jurnal OSF, 1–12. www.btn.co.id
Rahman, K., & Yulian, T. N. (2022). The effect of financial behavior and income on investment decisions during the covid 19 pandemic with financial literacy as an intervening variable. Inovasi, 18(1), 139–144. https://doi.org/10.30872/jinv.v18i1.10418
Rozi, F., & Ziyad, M. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank BTN. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 92–102. http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk
Sanistasya, P. A., Raharjo, K., & Iqbal, M. (2019). The Effect of Financial Literacy and Financial Inclusion on Small Enterprises Performance in East Kalimantan. Jurnal Economia, 15(1), 48–59. https://doi.org/10.21831/economia.v15i1.23192
Setiawan, A. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kepercayaan, dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah Untuk Menggunakan Mobile Banking Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Bank Syariah (Studi kasus pada nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Demak).
Sontrust Lee, S. (2018). Analisis Technology Acceptance Model Penggunaan E-Learning pada Mahasiswa Studi Kasus: Universitas Multimedia Nusantara. ULTIMA InfoSys, IX(2), 71–71.
Widyakto, A., Liyana, Z. W., & Rinawati, T. (2022). The influence of financial literacy, financial attitudes, and lifestyle on financial behavior. Diponegoro International Journal of Business, 5(1), 33–46. https://doi.org/10.14710/dijb.5.1.2022.33-46
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).