Optimalisasi Pengelolaan Keuangan: Analisis Persepsi Kepercayaan, Manfaat, dan Kemudahan pada Minat Nasabah Menggunakan Layanan M-Banking

Authors

  • Komang Widhya Sedana Putra P Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Wayan Lasmi Lasmi Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.29103/e-mabis.v25i1.1272

Keywords:

persepsi kepercayaan, persepsi manfaat, persepsi kemudahan, m-banking, minat nasabah

Abstract

Kepercayaan, persepsi manfaat dan kemudahan pengunaan m-Banking, yang akan diteliti pengaruhnya terhadap minat nasabah di LPD Legian. Populasi memanfaatkan seluruh nasabah LPD Legian yang telah memakai aplikasi m-Banking dan sampel digunakan sebanyak 78 responden, penarikan sampel dilakukan melalui sampel jenuh. Instrumen penelitian memanfaatkan Software SPSS. Penelitian ini memperoleh bahwa persepsi kepercayaan mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap minat nasabah, lalu manfaat berdampak positif dan secara meyakinkan terhadap minat nasabah, kemudahan pengunaan berdampak positif dan secara meyakinkan terhadap minat nasabah. Variabel persepsi kepercayaan, persepsi manfaat, kemudahan pengunaan memiliki pengaruh sebesar 59,5% terhadap terhadap minat nasabah. Membangun kepercayaan pengguna dapat dengan cara membuat M-Banking sehingga dapat menjamin keamanan uang nasabah. Kemudian LPD Legian hendaknya secara berkala melakukan pembaharuan pada M-Banking agar nantinya selalu memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi pengguna

References

Profitabilitas Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(5), 1–16. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/1738

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008

Dirwan. (2022). Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking dari Sisi Kemudahan, Manfaat dan Kenyamanan. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 323–332.

Gita, N. W., & Juliarsa, G. (2021). Persepsi Kepercayaan, Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Keamanan dan Minat Ulang Menggunakan Mobile Banking Jenius. E-Jurnal Akuntansi, 31(8), 2086. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i08.p16

Habibi, M., & Zaky, A. (2015). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Syariah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(1), 1–16. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1567

Iskandar, N. A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Nasabah Bank Syariah Indonesia Menggunakan Layanan Mobile Banking.

Nurdin, Rukma Ningrum, Sofyan Bacmid, & Abdul Jalil. (2021). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di Bank Mega Syariah Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(1), 30–45. https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i1.37.30-45

Pranoto, M. O., & Setianegara, R. G. (2020). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Semarang Pandanaran). Keunis, 8(1), 1. https://doi.org/10.32497/keunis.v8i1.2117

Putri, A., & Marlius, D. (2022). Penerapan M-Banking dalam Meningkatkan Jasa dan Layanan Perbankan di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Padang. Jurnal OSF, 1–12. www.btn.co.id

Rahman, K., & Yulian, T. N. (2022). The effect of financial behavior and income on investment decisions during the covid 19 pandemic with financial literacy as an intervening variable. Inovasi, 18(1), 139–144. https://doi.org/10.30872/jinv.v18i1.10418

Rozi, F., & Ziyad, M. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank BTN. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 92–102. http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk

Sanistasya, P. A., Raharjo, K., & Iqbal, M. (2019). The Effect of Financial Literacy and Financial Inclusion on Small Enterprises Performance in East Kalimantan. Jurnal Economia, 15(1), 48–59. https://doi.org/10.21831/economia.v15i1.23192

Setiawan, A. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kepercayaan, dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah Untuk Menggunakan Mobile Banking Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Bank Syariah (Studi kasus pada nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Demak).

Sontrust Lee, S. (2018). Analisis Technology Acceptance Model Penggunaan E-Learning pada Mahasiswa Studi Kasus: Universitas Multimedia Nusantara. ULTIMA InfoSys, IX(2), 71–71.

Widyakto, A., Liyana, Z. W., & Rinawati, T. (2022). The influence of financial literacy, financial attitudes, and lifestyle on financial behavior. Diponegoro International Journal of Business, 5(1), 33–46. https://doi.org/10.14710/dijb.5.1.2022.33-46

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles