Pengaruh Modal Kerja, Lama Usaha, Jam Kerja dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Monza di Pasar Simalingkar Medan
Abstract
This study aimed to analyze the effect of working capital, length of business, working hours and business location to the income of outwear traders in Simalingkar Market, Medan. The method used to collect primary data was field research method with sample selection using Convenience sampling technique. Based on the calculation of SPSS 16.0 simultaneous test results indicated that working capital, length of business, working hours and business location had significant effects to the income of outwear traders in Simalingkar Market, Medan. Furthermore, partial test on working capital and business location showed an effect on the income of outwear traders in Simalingkar Market, Medan, whereas the length of business and working hours had no effect to the income of outwear traders in Simalingkar Market, Medan.
Keywords: Income of Outwear Traders, Working Capital, Length of Business, Working Capital, and Business Location
References
Asmie Poniwati. (2008). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional di Kota Yogyakarta. FEB Universitas Diponegoro. Semarang.
Damariyah. (2015). Pengaruh Modal Kerja, Lama Usaha, Jam Kerja, Lokasi Usaha dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Pedagang. Skripsi S1 Program Studi Ekonomi Syari’ah STAIN Pekalongan.
Dewa M.A. Artaman (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatam Pedagang Pasar Seni Sukawati di Kabupaten Gianyar. Tesis S2 Program Pascasarjana Universitas Udayana Denpasar.
Ekonomi Mikro Kota Depok. (2011). Laporan Akhir Pengkajian Ekonomi Mikro Kota Depok. Kerjasama antara laboratorium Studi Manajemen FEUI dan BAPPEDA Kota Depok.
Firdausa dan Arianti. (2013). Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kios di Pasar Bintaro Demak Diponegoro. Journal Of Economics. Volume 2, No.1.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi 2. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Gumanti T.A. (2000). Earning Management dalam Penawaran Pasar Perdana di BEJ. Simposium Naional Akuntansi III. Jakarta.
Handoko T.Hani. (2000). Manajemen Pemasaran: Analisa Prilaku Konsumen. Edisi 6. BPFE. Jakarta.
Heizer Jay dan Render Barry. (2004). Manajemen Operasi. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Herlambang Tedy. (2002). Ekonomi Mikro: Sebuah Kajian Komprehensif. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
John J.Wild. (2003). Analisis Laporan Keuangan. Buku I. Edisi 8. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Penerbit Kuncoro. Jakarta.
Kieso, D.E, Weygandt, J.J, dan Warfield, T.D. (2011). Intermediate Accounting. Volume 1 IFRS Edition. United States of America : Wiley.
Kusumawardani. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Tekstil di Kabupaten Kepulauan Selayar. Skripsi S1 Program Studi Ilmu Ekonomi Universitas Hasanuddin Makasar.
Martono, A.H. (2005). Manajemen Keuangan. Penerbit Ekonisia. Yogyakarta.
Melky Tampubolon. (2007). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pedagang Sektor Informal. Skripsi S1 Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Sumatera Utara Medan.
Nelson. (2001). Statistik Untuk Ekonomi dan Bisnis. BPFE. Yogyakarta.
Simamora Bilson. (2005). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Probabilitas. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Skousen dan Stice. (2010). Akuntansi Keuangan. Buku I. Edisi 16. Penerbit PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sukirno Sadono. (2002). Pengantar Teori Makro Ekonomi. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Tjiptoroso. (2000). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol.15 No.1.
Tutik Yuliati. (2012). Pengaruh Kedekatan Infrastruktur, Kedekatan Konsumen dan Biaya Lokasi Terhadap Pendapatan Pedagang di Areal Rute Jalan Lintas Selatan Kota Salatiga. Jurnal Among Makarti Vol.5 No.10.
Wicaksono Deddy .T. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pedagang Kaki Lima Penjual Bakso du Kota Semarang.
Widya Utama dan I Gusti Bagus Adi. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pengusaha Perak di Desa Celuk Kec. Sukawati Kab. Gianyar. Tesis Universitas Udayana. Denpasar.
Wijayanti. (2005). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Pedagang Kaki Lima di Kabupaten Sukoharjo.
Winarno, Sigit dan Sujana. (2003). Kamus Besar Ekonomi. Penerbit CV.Pustaka Grafika. Bandung.
Wuri Ajeng dan Ida Bagus. (2013). Analisis Pendapatan Pedagang di Pasar Jimbaran. E-Jurnal EP Unud Vol 2 Nomor 6 Hal.277-283