ANALISIS PENGARUH KEBISINGAN TERHADAP KELELAHAN KARYAWAN DI BAGIAN OPERASI-1 PT. PUPUK ISKANDAR MUDA, KRUENG GEUKUH, ACEH UTARA

Amri Amri, Cut Ita Erliana, Rizki Aidil Fairuza Lubis

Abstract


Bagian Operasi-1 adalah salah satu pusat produksi dan mengghasilkan bunyi yang sangat bising pada PT.Pupuk Iskandar Muda khususnya di kawasan Compressor House Urea-1. Lingkungan kerja yang tidak memenuhi syarat seperti kebisingan melebihi ambang batas dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Permasalahan dalam penelitian melihat pengaruh kebisingan terhadap kelelahan Pada   karyawan di bagian operasi-1 khususnya di kawasan Compressor House Urea. Metode penelitian yang digunakan adalah melakukan perhitungan  tingkat kebisingan. Penyebaran kuisioner kepada karyawan di dibagian operasi-1 khususnya dikawasan  Compressor  House Urea-1. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui tingkat kebisingan berpengaruh terhadap kelelahan karyawan. Pengukuran tingkat kebisingan dengan menggunakan Sound Level Meter. Sampel yang menjadi objek penelitian adalah semua anggota populasi yang berjumlah 30 orang orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui karakteristik responden,. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan uji statistik menggunakan program komputer SPSS versi 16.0. Hasil analisis dengan menggunakan program komputer SPSS, uji pengaruh kebisingan terhadap kelelahan diketahui bahwa nilai Sig. sebesar 0,693 yang artinya korelasi kuat. hasil uji ini yang dilakukan  adanya  pengaruh kebisingan yang sangat signifikan terhadap kelelahan karyawan.

References


Sukmono, Daniel haris., 2010. Pengaruh Kebisingan Terhadap Tingkat Kelelahan Kerja Di Penggilingan Padi Desa Griyan Keluran Baturan kecamatan Colomadu Kab.Karangnyar, Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Kep.Men.LH No. 48, 1996. Baku Tingkat Kebisingan, Menteri Lingkungan Hidup, Indonesia.

Marji. (2009) Dampak Kebisingan Terhadap Pekerja Pabrik Pada Berbagai Latar Belakang Tingkat Pendidikan.

Buchari. 2007. Kebisingan Industri dan Hearing Conservation Program. USU Repository: Universitas Sumatera Utara.

Dwi P. Sasongko, dkk 2000. Kebisingan Lingkungan. Semarang. UNDIP

Halliday, Resnick, dan Walker. 2010. Fisika Dasar Edisi ke 7. Jakarta: ERLANGGA.




DOI: https://doi.org/10.53912/iejm.v8i1.377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Malikussaleh

Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Aceh - Indonesia

P.O. Box 141
Telp. +62645.41373 Fax. +62645.44450
Handphone: +628116707171
Emailiej@unimal.ac.id

 Creative Commons License

 This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.