Penerapan Bauran Promosi pada Radio Lazuar 94.1 FM
DOI:
https://doi.org/10.29103/e-mabis.v24i1.994Keywords:
Bauran Promosi, Promosi, RadioAbstract
Media penyiaran, khususnya radio merupakan media yang sangat penting dalam periklanan dan promosi. Perkembangan industri media menyebabkan persaingan yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, radio harus melakukan promosi yang dapat menyampaikan pesan secara efektif dan tepat sasaran agar dapat terus bertahan di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bauran promosi dalam meningkatkan jumlah pengiklan pada Radio Lazuar 94.1 FM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah karyawan Radio Lazuar yaitu Manajer Operasional dan Marketing dan karyawan divisi Content Creator. Pengambilan sumber data menggunakan teknik purposive sampling. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Radio Lazuar menerapkan bauran promosi yaitu (i) periklanan menggunakan media cetak seperti koran, media elektronik seperti website, radio streaming, media sosial, dan media luar ruangan seperti papan nama, (ii) promosi penjualan dengan memberikan promosi berupa bonus, (iii) penjualan personal yaitu melakukan kontak langsung dengan para calon pengiklan/klien, presentasi penjualan, door to door dan follow up database, (iv) pemasaran langsung yaitu komunikasi secara langsung dengan pelanggan yang ada di database melalui email dan telepon, (v) hubungan masyarakat yaitu dengan menjaga hubungan baik dengan berbagai pihak. Kegiatan yang dilakukan seperti bakti sosial, kegiatan sponsorship, dan kegiatan lainnya.References
Banjaŕnahor, A. R., Purba, B., Sudarso, A., Sahir, S. H., Munthe, R. N., Kato, I., Gandasari, D., Purba, S., Muliana, Ashoer, M., Tjiptadi, D. D., Hendra, Simarmata, H. M. P.,Berlien, R., & Hasyim. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. In A. Karim (Ed.), Yayasan Kita Menulis (Issue April).
Bayu, Dimas. 2022. APJII: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022. Retrieved August 14, 2022 from https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022
Dhamayanti, M. (2020). PEMANFAATAN MEDIA RADIO di ERA DIGITAL. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(2), 82. https://doi.org/10.25077/rk.3.2.82-89.2019
Hutapea, S., Simbolon, B. R., & Agung, U. D. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT PEMASANG IKLAN RADIO KISS FM MEDAN PADA MASA PANDEMI COVID 19. SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 6(2), 128–137.
Komisi Penyiaran Indonesia. Perkembangan Teknologi dan Penyiaran di Tanah Air. Retrieved August 14, 2022 from http://www.kpi.go.id/index.php/id/umum/38-dalam-negeri/35523-perkembangan-teknologi-dan-penyiaran-di-tanah-air.
Lathifah, K., & Ismandianto, I. (2021). Konvergensi Radio dalam Mempertahankan Eksistensi di Era Digital dan Covid-19. Jurnal Riset Komunikasi, 4(1), 130–142. https://doi.org/10.38194/jurkom.v4i1.215
Puspitasari, I. A., Sasongko, & Juliant, D. E. (2015). Implementasi Bauran Promosi Pada Usaha Clothing Jember Banget. 1–17.
Sadikin, A., Si, M., Misra, I., & Si, M. (2020). Pengantar Manajemen dan Bisnis (Sardimi (ed.)). K-Media.
Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi promosi pemasaran. In Fkip Uhamka.
Sri Widyastuti. (2017). MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU. In I. Hadi (Ed.), FEB-UP PRESS. FEB-UP PRESS. https://doi.org/10.1300/j054v03n02_03
Sunyoto, D. (2014). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, konsep, strategi, dan kasus. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service)
Zahroh, A., & Pamekasan, R. K. (2020). Strategi Komunikasi Radio Karimata Fm. EJournal IAIN Madura, 1(2), 20.
Zuraya, Nidia. 2022. Nielsen: Belanja Iklan Semester I 2022 Capai Rp 135 Triliun. Retrieved August 15, 2022 from https://www.republika.co.id/berita/rggbtn383/nielsen-belanja-iklan-semester-i-2022-capai-rp-135-triliun
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).