Pengaruh Promotional Mix terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Sebelas Maret Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.29103/e-mabis.v18i2.182Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui faktor promotional mix yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perseorangan, pemasaran langsung memiliki pengaruh secara parsial terhadap keputusan mahasiswa memilih Universitas Sebelas Maret. (2) Mengetahui faktor promotional mix yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perseorangan, pemasaran langsung memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan mahasiswa memilih Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sampel diambil dengan teknik quota sampling, teknik proportionate stratified random sampling. Pada penelitian ini besarnya jumlah sampel ditentukan sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Adanya pengaruh promotional mix terhadap keputusan mahasiswa memilih Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2012. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. (2) Hasil perhitungan data untuk variabel periklanan memiliki tingkat signifikansi 0,032, variabel promosi penjualan memiliki tingkat signifikansi 0,036, variabel hubungan masyarakat memiliki tingkat signifikansi 0,043, variabel penjualan perseorangan memiliki tingkat signifikansi 0,026 dan variabel pemasaran langsung memiliki tingkat signifikansi 0,009 maka dapat disimpulkan bahwa variabel periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perseorangan, dan pemasaran langsung memilki pengaruh terhadap keputusan mahasiswa. (3) Berdasarkan hasil perhitungan data nilai Adjusted R Square sebesar 0,511 sehingga dapat diartikan bahwa 51,1% keputusan mahasiswa memilih Universitas Sebelas Maret dipengaruhi oleh promotional mix yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perseorangan, dan pemasaran langsung sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Keywords: Promotional Mix, Keputusan Mahasiswa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).