Pengaruh Promotional Mix terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Sebelas Maret Surakarta

Fernaldi Anggadha Ratno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui faktor promotional mix yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perseorangan, pemasaran langsung memiliki pengaruh secara parsial terhadap keputusan mahasiswa memilih Universitas Sebelas Maret. (2) Mengetahui faktor promotional mix yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perseorangan, pemasaran langsung memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan mahasiswa memilih Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sampel diambil dengan teknik quota sampling, teknik proportionate stratified random sampling. Pada penelitian ini besarnya jumlah sampel ditentukan sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Adanya pengaruh promotional mix terhadap keputusan mahasiswa memilih Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2012. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. (2) Hasil perhitungan data untuk variabel periklanan memiliki tingkat signifikansi 0,032, variabel promosi penjualan memiliki tingkat signifikansi 0,036, variabel hubungan masyarakat memiliki tingkat signifikansi 0,043, variabel penjualan perseorangan memiliki tingkat signifikansi 0,026 dan variabel pemasaran langsung memiliki tingkat signifikansi 0,009 maka dapat disimpulkan bahwa variabel periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perseorangan, dan pemasaran langsung memilki pengaruh terhadap keputusan mahasiswa. (3) Berdasarkan hasil perhitungan data nilai Adjusted R Square sebesar 0,511 sehingga dapat diartikan bahwa 51,1% keputusan mahasiswa memilih Universitas Sebelas Maret dipengaruhi oleh promotional mix yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perseorangan, dan pemasaran langsung sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords: Promotional Mix, Keputusan Mahasiswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29103/e-mabis.v18i2.182

Copyright (c) 2018 E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.